Susu apa yang terbaik untuk diminum?

Ditulis oleh : Relda Verma

Susu mentah di India

Awalnya postingan ini hanya ingin menceritakan keberanian keluarga suami disini yang setiap harinya minum susu mentah yang baru diperas dari sumbernya, biasanya dari sapi atau kerbau karena belum pernah minum susu mentah di Indonesia.  Biar ceritanya lebih informatif akhirnya cari-cari informasi soal susu mentah hasilnya hmmm ternyata cukup mengejutkan (buat saya) … seperti apa sih?

Ya, di India akan banyak kita temui keluarga yang mengkonsumsi susu mentah untuk anggota keluarganya. Biasanya susu mentah tersebut diantarkan ke rumah setiap paginya, tergantung keluarga tersebut butuh berapa liter perhari.

Di rumah ibu mertua setiap harinya 1 liter susu mentah. Harganya berkisar 25 Rupee (Rp 5,000) per liter. Sampai detik ini pun saya tidak berani minum susu mentah tersebut malah sibuk cari-cari susu bubuk seperti yang biasa dikonsumsi saat di Indonesia.  Namun karena tidak mendapatkan susu bubuk orang dewasa jadilah saya minum susu UHT atau pasteurized milk (susu yang disterilkan).

Pasteurized milk

Awalnya saya berpendapat bahwa susu bubuklah yang terbaik karena seperti yang kita lihat kandungan vitaminnya lengkap seperti yang terjejer disetiap kaleng susunya.Benarkah pendapat saya?

Ternyata tidak! Jadi susu apa yang vitaminnya lengkap? Ternyata susu mentah!

Ada 5 alasan mengapa susu mentah yang baik untuk kesehatan:

1.Susu mentah jauh lebih bergizi dibandingkan susu yang disterilkan/UHT/susu bubuk.

2. Susu mentah mengandung enzim yang lengkap.Proses sterilisasi/UHT menghilangkan semua enzim yang terkandung di susu mentah.

3. Susu mentah mengandung probiotic. Proses sterilisasi/UHT menghilangkan probiotic yang terkandung di susu mentah.

4. Susu mentah mudah dicerna walaupun bagi yang alergi terhadap laktosa.

5. Susu mentah mengandung ‘built-in safety sistem’ yang membantu menghancurkan pathogen.

Sumber dari : (http://www.cheeseslave.com/2009/01/23/top-ten-reasons-to-drink-raw-milk).

 Tetapi pastikan susu mentah tadi didapatkan dari sapi atau kambing organic dimana hanya mengkonsumsi rumput hijau saja tanpa pestisida atau suntikan antibiotic, dsb. Susu kambing mempunyai rasa yang tajam, tinggal tergantung anda memilih susu sapi atau kambing. Namun susu kambing lebih baik lagi dari susu sapi karena gizinya lebih kompatibel dengan kebutuhan gizi manusia dan lebih mudah dicerna daripada susu sapi.

Dari sekian banyak susu yang kita temui dipasaran, mari kita simak sekilas apa yang terkandung didalamnya.

Soya milk: banyak susu kedelai mengandung gula yang sangat tinggi dan dicampur minyak dan stabilisator agar nampak seperti susu putih.

Cow’s milk UHT/ pasteurized: diperah dari sapi yang tidak sehat karena suntikan antibiotic,drugs dan rBGH yang tentunya tidak baik untuk kesehatan kita.Proses UHT/pasterisasi pun menghilangkan zat-zat penting untuk tubuh kita seperti yang kita lihat diatas.

Raw milk (sapi/kambing); tentunya sangat baik jika organic.

http://en.wikipedia.org/wiki/Kefir

Kefir

Raw almond milk: susu terbaik kedua untuk diminum karena mengandung banyak nutrisi antikanker dan tanpa kolesterol. Proses pembuatannya pun sangat mudah.

http://www.nichetopics.info/what-is-the-best-milk-to-drink.html

5 thoughts on “Susu apa yang terbaik untuk diminum?

  1. kayaknya kalau minum susu kambing badan tuh jadi besar2 ya *analisa gak penting*
    soalnya gw punya temen yg waktu ngasih ASI ke anaknya dia juga mengkonsumsi susu kambing, walhasil badan bayinya tuh besar, tp gak gendut kyk minum sufor… Sama dokter malah disarankan agar ibunya nyetop minum susu kambing krn barat badan anaknya di atas rata2 dan dianggap kegemukan, n sekarang badan anaknya ya biasa2 aja kyk kebanyakan badan anak2 batita kebanyakan..

    • Menurut aku kalau ASI nya mencukupi gak perlu lagi minum susu kambing lagi toh kandungannya sama asalkan susu kambing tersebut mentah dan kambingnya organik. Badannya jadi besar mungkin saja memang sudah kelebihan gizi :)

      • Rel, maksudnya Ita, ibunya yang minum susu kambing bukan si bayi. Eh iya gag sih lo nangkepnya gitu hehehehehe…. kali gw yg sok teu :D

  2. hehehe..iya bener kata Jihan…maksudnya emaknya yg minum susu kambing waktu dia masih nyusuin bayinya..malah dr hamil kl gak salah..
    Sekarang semenjak emaknya stop minum susu kambing badan anaknya udah kyk anak2 indonesia kebanyakan.. Gak gemuk gak kurus walaupun masih ngasih ASI… Mungkin kl emaknya lanjut minum susu kambing anaknya jadi bongsor kali ye…

    • Oooooooooo..salah nangkep ya gw hihihihi…..sebenarnya menurut gw bagus malah kalo maknya minum susu kambing daripada susu yang lain, tapi soal anaknya jadi bongsor karena itu gak ngerti juga tapi mungkin aja bisa gede kayak orang2 bule ato India ….

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s