Masuk ke Istana Buckingham

Ditulis oleh : Rizka Maydita

Dulu masuk ke Istana Buckingham di London cuma mimpi. Syukurlah akhirnya menjadi kenyataan karena istana ini dibuka untuk umum pada musim panas.

Istana Buckingham adalah tempat tinggal sekaligus tempat kerja Ratu Inggris di London sejak tahun 1837. Pada bulan Agustus dan September ketika sang ratu melakukan lawatan tahunan ke Skotlandia, Istana Buckingham dibuka untuk publik.

Tiket masuknya sekitar 250 ribu untuk dewasa dan 150 ribu untuk anak-anak. Sayangnya pengunjung tidak boleh foto-foto didalam istana. Jadi foto-foto interior istana diblog ini semua diambil dari akun flickr nya The British Monarchy.

Istana Buckingham memiliki 775 kamar. Ini termasuk 52 kamar tamu kerajaan, 188 kamar staff, 92 ruangan kerja, dan 78 kamar mandi. Tapi hanya 19 ruangan yang dibuka untuk umum.

Begitu masuk kedalam istana, Saya langsung terpana melihat tangga marmer berkarpet merah untuk naik ke lantai atas. Super mewah!.

by : Derry Moore

Kabarnya warna merah dipilih karena berarti lambang kemakmuran. Pilihan warna yang sangat kontras dengan tembok bercat putih dan ukiran emas di langit-langit ruang masuk utama Istana Buckingham.

Di ujung tangga terpasang dua lukisan raja dan ratu Inggris jaman dulu dengan bingkai warna emas. Semuanya masih terawat dengan baik dan bikin Saya yang kurang begitu suka lukisan langsung jatuh hati melihatnya.

Saya akhirnya ngerti kenapa banyak orang yang kepingin jadi raja dan ratu, atau setidaknya pengeran dan permaisuri. Tinggal di dalam istana itu benar-benar menyenangkan.

Ruangannya super luas, lengkap dengan deretan lampu kristal bening yang menggantung dari atas langit kamar, koleksi lukisan antik dari artis ternama seperti Rembrandt, serta ukiran di setiap pilar dan dinding yang serasi dengan perapian.

Setiap ruangan di dalam istana memiliki tema yang berbeda. The State Rooms, atau tempat Ratu Inggris dan anggota kerajaan menerima para tamu, didominasi warna merah dan emas.

Masuk ke The Green Drawing Room atau tempat para tamu undangan kerajaan berkumpul sebelum bertemu sang ratu, semua kursi dan kordennya bernuansa hijau.

The Green Drawing Room (source : http://www.flickr.com)

Sementara di The White Drawing Room atau tempat keluarga kerajaan berkumpul sebelum menemui para tamu, semua dinding, lukisan, dan perapiannya berwarna putih. Lengkap dengan lampu seperti lilin melingkari kristal yang menjuntai dari atap kamar.

The White Room

Asyiknya ikut tur itu kita bisa tau cerita dibalik ruangan-ruangan di Buckingham, misalnya kenapa pada jaman Edwardian warna putih menjadi pilihan utama, dsb.  Pengunjung juga dapat melihat koleksi mahota bertahtakan berlian milik sang ratu dan beberapa pakaian yang pernah dipakai Ratu Inggris.

Keluar istana, pengunjung bisa melihat halaman belakang Buckingham yang super luas – 42 hektar!. Tempat ini merupakan yang taman pribadi terbesar di London dan menjadi tempat jamuan sang ratu saat mengadakan pesta kebun setiap musim panas.

Jadi kalau pas ke London bulan Agustus atau September, wajib lah masuk ke dalam Istana Buckingham. Meski tidak akan ketemu para anggota kerajaan, tapi setidaknya bisa merasakan serunya tinggal di istana seperti layaknya keluarga kerajaan.

About these ads

2 thoughts on “Masuk ke Istana Buckingham

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s