Aturan berbusana buat wanita di Tehran

Cara berpakaian di Tehran punya keunikan tersendiri. Di Jeddah kan sudah ada aturan penggunaan abaya berupa baju tertutup panjang berwarna hitam (tapi sebenernya sih pakai warna lain juga boleh2 saja asalkan model gamis gitu). Sedangkan di Tehran, pake celana panjang juga boleh, asalkan bajunya panjang menutupi paha, tentu saja harus lengan panjang yah. Warnanya juga gak mesti hitam, biarpun rasanya warna hitam dan warna2 gelap lainnya mendominasi pakaian cewe2 di kota Tehran.  Contohnya bisa dilihat di gambar di bawah.

Oiya, tutup kepala juga wajib digunakan oleh cewe2 di Tehran, bahkan untuk perempuan non muslim. Tapi tutup kepala gag mesti jilbab sih. Pake scarf yang diikat di kepala juga oke dan gak masalah kalo rambutnya kelihatan. Sering banget deh ngeliat cewe2 Iran yg rambutnya disasak tinggi2, jadi pas pake penutup kepala, rambut depannya menjulang gitu hehehehe…. tapi pada dasarnya cewe2 Iran ini cantik2 loh :)…

Oiya, gag boleh ‘bandel’ atau nekat, soalnya di Iran ini juga dikenal ‘polisi syariah’ yg salah satu tugasnya merazia orang2 yg pakaiannya tidak sesuai aturan, terutama yg cewe2. Tapi yah, biarpun begitu, like I always said : “perempuan dimana-mana gag pernah mati gaya :P” …. ada aja celah buat tampil modis😉 ….

Tapi jangan khawatir, biasanya si ‘polisi syariah’ ini kalau ke orang asing gag terlalu saklek kog. Asalkan kitanya jangan terlalu aneh dan jangan terlalu menyimpang aja urusan berbusana ini. Gw sendiri pas di Tehran, bajunya panjangnya kadang cuma setengah paha hehehehe, tapi emang kalo warna selalu mengusahakan pake warna item biar gag tlalu mencolok. Liat aja foto2 di bawah (ahemm… numpang eksis banget sih, yoi dooonggg….selalu ada alasan yah buat ikutan mejeng di postingan sendiri, hahahahahaha…)…Husss, ini buat contoh aja, kali ada yg pengen ke Tehran😉, oiya mohon dimaafkan karena penulis tidak terlalu berbakat untuk tampil modis :P….

Gambar2 ilustrasi diatas diambil dari situs2 berikut ini : situs bbc news, salah satu situs yg bahas cukup komplit soal tehran dan permasalahannya (mari,mari kalau mau membedah iran lebih lanjut :D) , situs reuters, situs women news network, dan juga dicomot dari situs yang ini.

4 thoughts on “Aturan berbusana buat wanita di Tehran

  1. Iya, emang gitu Fif, malah kalau di bandara begitu keluar dari imigrasi, sebelum naik pesawat pun, udah langsung dibuka deh tuh mantel2 dan tutup kepala hahahahahaha….

    • Iya mbak, cewek2 Iran di sini kadang dandanannya lebih heboh dan sexy dari orang Eropa😛 Trus pernah denger kalo mereka menghadiri party di dalam rumah, mereka juga pake baju2 sexy. Tapi pas diluar rumah di tutup dgn jaket2🙂

  2. cuma pake kerudung aja maksudnya keliatan rambut dikit gpp mbak ? trus cuaca/iklim di tehran selama bulan september gimana? insha allah saya ada rencana kesana tgl 20 Sept – 25 Sept 2013

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s