Belanja Groceries Indo di Sydney

Satu lagi ajaibnya kota Sydney buat para perantau dari Indonesia adalah banyaknya kemudahan dalam mendapatkan bumbu2 dan makanan2 Indonesia. Apa saja yang biasa kita beli di Indo, biasanya bisa juga kita dapatkan di sini. Nah, dimana ngedapetinnya? Tinggal pergi saja ke toko2 groceries Indo yang tersebar di seputaran kota Sydney dan suburb2nya. Dijamin deh, mau nyari apa aja ada. Misalnya: mau jengkol? Ada. Pete, ada. Jeruk nipis, ada. Pokoknya tinggal nyebut deh, tahu, tempe, ikan asin, indomie, blue band margarin, bumbu2 instant Bamboe, Indofood, segala macam jenis kerupuk, kluwek buat bikin rawon, duren montong, daun pandan, essence kue, cetakan kue, dan segala macam rupa bahan2 yang kita perlukan untuk memasak makanan Indo, ada di sini.

Photo was taken from: http://diansday.blog.friendster.com/2008/01/white-lotus/

Nah, berikut ulasan dari beberapa toko groceries Indonesia yang menjadi langganan kami di sini. Mungkin berguna buat rekan2 yang sedang berada di Sydney ataupun berencana datang ke Sydney. Selamat membaca!

1. Seahorse Brother Supermarket

128 Beamish St,

Campsie NSW 2194

Inilah toko groceries Indo yang paling sering aku kunjungi. Seminggu bisa sampai lebih dari dua kali aku datang ke sana. Selain karena toko ini sangat dekat lokasi nya dengan tempat tinggal kami, juga karena harga2 barang di toko ini relative lebih murah dibandingkan toko2 groceries Indo yang lain dan kebetulan saya sangat senang dan cocok dengan pola pendekatan yang dilakukan oleh yang punya toko, yang biasa kami panggil tante da om. Mereka sangat ramah, bersahabat dan membantu ketika kita kebingungan mau memilih merk bumbu yang mana, saking lengkapnya itu bumbu2 yang dijual.

Setiap hari Sabtu pagi, kita bisa menjumpai makanan2 Indo dan cemilan2 Indo yang ditaro oleh ibu2 Indo di sini. Misalnya rendang, ikan balado, ayam rica-rica, mie ayam, sate Padang, nasi uduk, nasi kuning, ayam goreng tulang lunak, tape singkong, bakwan, pisang goreng, pempek, candil, serabi, bubur ketan itam, klepon, dll. Lumayan buat mengobati rindu pada kampung halaman. Makanan2 yang dijual dalam container plastic kecil ini, harganya berkisar dari $1.5 hingga $7 per container, tergantung jenis makanannya.

2. Lakemba Halal Market

Lakemba, NSW 2195

(02) 9759 6848

Toko ini merupakan  toko yang sering saya kunjungi juga setelah Seahorse Brother di atas. Lakemba Halal Market atau yang kadang disebut juga sebagai Lakemba Atas berlokasi di jalan Haldon Street suburb Lakemba dan posisinya yang sangat berdekatan dengan restoran Padang Warung Ita, membuat saya selalu menyempatkan mampir pada kedua tempat ini ketika saya berkunjung ke suburb Lakemba.

Karena sama2 toko groceries Indo, maka barang2 yang dijual pun juga sama dengan yang bisa kita jumpai di groceries Indo yang lain. Masakan2 Indo dan cemilan2 pun juga ada di toko ini. Misalnya dadar gulung nya adalah yang terenak yang pernah saya jumpai di Sydney sini.

Selain itu, banyak orang Indonesia yang datang ke sini, termasuk saya, untuk mentransfer atau berkirim uang ke Indo. Ya, transfer uang ke dan dari Indo adalah salah satu service yang ditawarkan di toko ini. Dengan biaya kirim $7 per transfer, uang kita biasanya sampai di hari yang sama atau keesokannya di Indo. So, tidak heran ketika rate dolar Australia sedang tinggi2nya, aka nada antrian di sini bagi orang Indo yang hendak mengirimkan uang buat keluargnya.

3. Lakemba Halal Thoyyiban

Lakemba, NSW 2195

Toko ini lokasinya sangat strategies, yaitu persis di seberangnya stasiun kereta Lakemba. Jadi buat yang tinggal di Lakemba atau yang menggunakan jasa transportasi kereta, akan lebih mudah mencapai toko ini dibandingkan dengan toko2 Indo yang lain. Tinggal menyeberang saja dari stasiun kereta, sampai deh. Dan barang2 yang dijual di sanapun juga sama dengan barang2 di toko Indo yang lain, termasuk makanan siap saji yang uenak2 juga ada di sini.

4. White Lotus

379 Anzac Parade

Kingsford

(02) 9662 7736

Photo was taken from: http://diansday.blog.friendster.com/2008/01/white-lotus/

Toko ini berlokasi di suburb Kingsford, berdekatan dengan restoran2 Indo yang banyak berjejer rapi di di jalan Anzac Parade, misalnya restoran ayam goreng 99, nasi goreng, indo rasa, dllnya. Untuk groceries dan cemilan2 yang dijual di toko ini, mostly hamper samalah dengan groceries2 Indo yang lain. Namun, koleksi dagangannya di sini tidak hanya meliputi makanan dan bumbu2 saja. Di White Lotus kita juga bisa membeli tabloid2 dan majalah Indonesia, seperti Wanita Indonesia, Nova, Cek & Ricek, Diva, Kartini, Femina, dllnya. Selain itu, kita juga bisa menemukan dan membeli DVD atau VCD film2 Indonesia. Karena hal itulah, ketika berkunjung ke daerah Kingsford dan sekitarnya, saya selalu mengusahakan mampir ke toko ini untuk melepas rindu pada tabloid2 dan majalah Indonesia.

Photo was taken from: http://diansday.blog.friendster.com/2008/01/white-lotus/

5. 7 Mutiara

311 Beamish St

Campsie NSW 2194

(02) 9718 2221

7 Mutiara adalah Indonesian groceries store yang terbaru di Sydney sini. Lokasinya yang berdekatan dengan groceries Indo yang lain yaitu Seahorse Broter membuat toko ini menjadi pilihan saya berikutnya ketika barang2 yang saya jumpai kebetulan lagi habis stok nya di Seahorse Brother.

Barang2 yang dijual di sini kurang lebih sama dengan toko groceries Indo lainnya. Pun fasilitas transfer uang ke Indo juga ada di sini, walau saya sendiri belum pernah mencobanya. So, banyak pilihan kan ya?

5 thoughts on “Belanja Groceries Indo di Sydney

    • Yoi… Lengkap dong. Hehe. Iya, di sini gampang banget ketemu orang Indo. Apalagi kalau jalan kaki di seputaran Kingsford dan Lakemba.Yuk main ke sini.

    • Yo i…. Kalo kangen tabloid Indo seperti Nova, Femina, KArtini, dll, tinggal datang aja ke White Lotus. *Mak2 banget sih gue*

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s