Jadi perempuan Indonesia di Saudi, jangan sensi ya… :)

Kontributor : Jihan Davincka 

Ini berdasarkan pengalaman pribadi tentu saja😉. Indonesia di mata Saudi (mungkin juga di kebanyakan negara timur tengah yg membuka pintu gerbangnya buat TKI informal) = negara pembantu! hehehe… Suka gag suka ya kenyataannya gitu gimana dong😀.

Sebenarnya sektor informal yang tersedia disini bukan cuma ranah domestik rumah tangga seperti pembantu rumah tangga dan supir pribadi (yang sedihnya memang didominasi oleh bangsa kita :(). Tapi ada juga penjaga/pelayan toko, pelayan restoran cepat saji, cleaning service di perkantoran, cleaning service di rumah sakit, supir ambulans, supir buat delivery services… hmm…palagi ya? pokonya banyak lah.

Tapi kenapa cuma PRT dan supir pribadi yang banyak menyedot TKI informal?

Alasan utama tentu saja kendala bahasa. Biarpun termasuk sektor informal, pekerjaan2 lain yg gw sebutin belakangan rata2 butuh kemampuan berbahasa inggris, bukan cuma bahasa arab. Apalagi di Jeddah yang rasa2 nya memang lebih banyak warga pendatang dibanding penduduk asli Saudi (statistik ngaco :P). Dalam hal ini, TKI informal asal Filipina, India, Pakistan (=FIP) memang beberapa tingkat diatas kita. TKI informal ini kebanyakan memang oke dalam hal berbahasa arab, tapi bahasa inggris? :(….

Alasan kedua (yg mungkin merupakan imbas dari alasan pertama tadi) adalah kemampuan berkomunikasi dengan sekitar. Keliatan bener deh pedenya orang2 FIP jaoooohhhh diatas TKI kita. Ini masalah mental ato apa ya? Atau mungkin juga mereka memang ‘persiapan’ nya lebih mateng, gag kaya di Indonesia, yang denger2 PJTKI nya suka ‘main belakang’? Gag berani banyak omong, gag punya bukti soalnya😀.

Dari tadi kog Malaysia gag disebut2? ho ho ho…jangan salah, warga Malaysia itu disegani di Saudi. AFAIK, bukan cuma di Saudi sih, secara umum di Timur Tengah, orang Malaysia memang termasuk figur Asia yang disegani. Iyalah, di Saudi ini Malaysia gag ngirimin tenaga kerja sektor informal, minimal level teknisi, dan tidak ada samasekali TKW asal Malaysia disini! Jadi sebaiknya jangan songong juga lah mandang orang Malaysia, ya gimana dong, memang pamor mereka secara internasional lebih okeh, biarpun katanya tukang rampok budaya orang hahahaha… lagian sapa suruh budaya sendiri kog gag dipatenin secara serius *sigh*. Ups…OOT😀.

Ada gag sih TKI kita yang kerja di sektor formal?

Ya ada dong ah… ini contohnya suami tercinta si penulis postingan ini hehehehe… suami gw adalah seorang telco engineer disini😉. Tapi dibanding ama TKI informal ya jauh perbandingannya, persentasenya kecillll dan kurang ‘kedengeran’. Jadi ‘jangan sensi’ ini  juga berlaku untuk anda kaum pria kalo tau2 ada yg ngomong : “wah, baru tau saya kalo orang Indonesia juga ada yg jadi engineer disini”, ini pengalaman pribadia suami sih😀.

Jadiiiiii…..dengan melihat kenyataan2 di atas….jangan heran kalo anda adalah seorang wanita Indonesia yang tinggal di Jeddah akan sering mendapat perlakuan yang ‘istimewa’ yaitu…dianggap pembantu! hehehehehe….

Bukan itu saja ‘cobaan’ yang harus dihadapi😛, kalau anda seorang wanita Indonesia dan kebetulan bisa berbahasa inggris, itu juga bukan hal biasa disini. Atau kalo berpenampilan rapi dikit disangkain orang Filipina ato Malaysia. Jangan lupa, dah gw sebutin kalo orang Filipina itu emang mirip banget ama orang Indonesia, apalagi Malaysia😉. Waktu awal2 gw emang perna bilang gini ke suami gw : “kampungan banget sih orang2 sini, banyak kaleeee cewe2 indo yg bisa ngomong inggris…norak!norak!norak!” …. hehehehehe… Waktu melahirkan kemaren ampe cape gw nerangin ke orang2 di rumah sakit kalo gw orang Indonesia. Jadi bukan karena kulit gw yang kuning langsat makanya gw disangkain orang Filipina, tapi karena gw selalu berkomunikasi dengan bahasa inggris ama orang2 di RS. Abis mau ngomong pake bahasa apa dong gw, bahasa arab gw kan pas-pasan dan so pasti mereka gag bisa bahasa indonesia kan?😉.

Pepatah “don’t judge a book by its cover” juga  gag kepake sama sekali … and indeed… perlakuan sehari2 yang kita terima tentu saja berbanding lurus dengan apa yang menempel di badan kita😉. Untung saja dengan tampang gw yang by default udah jutek dari sananya dan suara yg bariton dan terkesan galak, suster2 filipina di rumah sakit gag berani macam2 kalo berhadapan dengan gw biarpun kemana2 selalu bermodalkan abaya ‘biasa-biasa saja’ plus ‘jilbab ala pembantu’. Hahahahahha… apaan tuh ‘jilbab pembantu’? iya nih, itu istilah dari suami gw kalo gw pake jilbab model bergo yang polos itu loh hehehehe… abis males uy bgaya ala jilbab arab (ribettttt, puter-puter nya :D), ato pake jilbab bergo yang dihiasi permata2 warna warni (ogahhhhh), ato pake jilbab panjang (errrr…males aja pokonya :P).

Memang, banyak pula ibu2 Indonesia yang kebetulan suaminya pekerja formal memilih untuk meng’upgrade’ penampilan😉. Pake tas2 mahal, pake abaya keren2 (denger2 ada yg abayanya rata2 berharga 500 sr ke atas, ihiiiiyyy…pinjem dooonggggg :D), dan pake jilbab yang sebisa mungkin ‘beda kelas’ ama jilbab yang dikenakan para ‘bibik/embak’ dsini. Aduh, kalo gw sih, mungkin karena pada dasarnya pelit dan keras kepala rendah hati dan tidak sombong, memilih cara yang lebih murah terus2 an latihan TOEFL biar grammar gw makin oke dan melatih aksen bahasa inggris gw biar tambah keren hahahahahaha….sok intelek banget sih loooooo….emang intelek boooo :P…. Karena yesss, biarpun pembagian kasta berdasarkan penampilan merajalela disini, once they knew you can speak english, they would respect you more😉, pasti itu, gw jamin!

Jadi kesimpulannya….bentar, gw baca dulu dari atas dari tadi gw ngoceh apaan aja sih :D…ah ya, jadi… kalo kebetulan berstatus ‘perempuan asal Indonesia’ dan tinggal di Saudi…ya sesuai judul : jangan sensi! … santai sajaaaa….tanggapin aja semuanya baik2, inget bangsa kita juga terkenal karena keramahan dan senyum manis nya looohhh (senyum2 depan laptop). Biarpun awalnya pasti bete berat yah, rasanya dulu di Indonesia kece-kece aja masa disini disangkain pembantu hahahahahahaha…. sok kece looooo…. :P…

Kalo mereka bilang : “Malaysia? Filipina?” … gag usah emosi, jawab aja : “Oh bukan, saya indonesia kog” … “Loh kog bisa bahasa inggris?” … jawabnya : “Ya bisa dong, gag salah kan?” …. “wah saya baru tau ada perempuan indonesia yg bisa bahasa inggris, jarang2 tuh” … “oh, banyak kog, mungkin belom perna ketemu aja” …. dan seterusnya…dan seterusnya…serius iniiii, bakal sering digituin dimana2 ^_^…

Kesannya horor amat ya, ribet amat, ahhh…jangan sensi dong sodari-sodari sebangsa dan setanah air😉 …  sesungguhnya ada buanyakkk hal positif di Saudi yang lebih menyenangkan kog, anggap aja buat melatih mental, dan biar mereka jadi tau kan… cewe2 indonesia juga keren2 loh bukan cuma pembantu aja yang lahir disana *kedip2SokManis*…. Di Saudi mungkin sering di’remeh’in tapi jangan lupa, disini harga2 makanan sangat bersahabat loh, cari pembantu gampang, makanan indonesia merajalela (dari yg kelas warteg ampe yg kelas hotel), katering2 bergelimpangan dengan harga okehhh (tapi jadi seumur idup gag doyan nge dapur kaya gw nanti  hahahahaha), manalagi mal-mal nya lebih dahsyat dari Jakarta punya, harga bensin mureeee…. masa 1 liter bensin cuma seceng aja gitu disini, jauh lebih murah dari harga air mineral cing! mobil2 juga mureee… bisa piknik setiap weekend keluar kota, liat pemandangan padang pasir yg eksotis *halaaahhh* …. pokonya kenikmatannya jauh lebih menonjol lah timbang terus2 an makan hati karena disangkain pembantu! hahahahahahaha….

Oiya, di bawah contoh2 ‘jilbab pembantu’ itu loh ^_^

9 thoughts on “Jadi perempuan Indonesia di Saudi, jangan sensi ya… :)

  1. Pengalaman yang sama juga Ji kalo kita tinggal di Malaysia, gak percaya kalo gw bilang gw dari Indonesia…di Singapore juga kadang2 begitu…cuman kalo di Singapore, profesional dari Indonesia juga banyak tapi lebih banyak yang jadi pembantu…

  2. hihih jd inget temen yg waktu main ke mall suka ditawarin gawe sama mudir2 perempuan mau jadi pembokat gak… Atau kalau bedandan sedikit menor suka ditawar sama cowok Arab ‘how much…’ :DDD

  3. Hahaha…. Jadi inget pengalaman gw dulu waktu dicanada, nggak jauh2 disangkain orang Filipino trus… Gw bilang Dari Indonesia, tu bule malah kagak tahu Ada negara Indonesia ya? Tahu nya Bali doang… Jiaahhh ni bule2 kuper (nggak pernah traveling kaleeee) bikin sewot gw ajah masa nggak tahu Indonesia Sehhh

  4. Kenalan mbak…. Cengingisan baca ceritanya , abis dengan gaya bahasanya yang asyik. Padahal harusnya sih sedih yah. Masih tinggal di sono nih? *tanyahajagaberniatnekawe

  5. Salam kenal Mbak… saya juga ibu RT ikut suami kerja di salah satu perusahaan petrokimia di propinsi timur saudi.
    Kota jubail namanya….
    BTW masih di saudi kah…??

  6. Sorry… baru lihat profilenya kalo ternyata sudah ga tinggal lagi di KSA…..
    Tapi ga pa-pa kan sharing pengalaman yang pernah merasakan tinggal di tempat yang panas dan gurun gersang ini…

Silahkan berkomentar

