Sydney Opera House & Harbour Bridge

Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge adalah dua bangunan yang menjadi mascot kota Sydney. Bahkan keduanya pun juga dikenal sebagai maskotnya Australia. Maka tak heran bila kedua tempat inilah yang berada di urutan teratas dari tempat2 yang wajib dikunjungi di Australia. Mengutip perkataan seorang teman, “rasanya belum afdhal kalau belum absen ke sini. Dan juga rasanya masih kurang bukti yang menunjukkan kalo kita pernah ke Australia tapi belum punya foto dengan latar belakang kedua bangunan megah ini”. So, ……

Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge, keduanya terletak sangat berdekatan. Jadi dalam sekali kunjungan, kita bisa langsung mengunjungi keduanya. Berlokasi di Macquarie Street, daerah Circular Quay, kedua tempat ini sangat mudah diakses. Akses yang paling mudah dan yang paling aku suka adalah dengan naik kereta dan turun di stasiun Circular Quay. Atau bisa juga dengan naik bus atau taksi dan turun di Circular Quay bus stop. Kalau ingin lebih rileks, bisa juga dengan naik ferry dan turun di Circular Quay Wharf, yang merupakan pelabuhan utama ferry2 di Sydney.

Ketika sudah berada di Circular Quay, Anda akan melihat Harbour Bridge di sebelah kiri dan Opera House di sebelah kanan, dan keduanya tinggal ditempuh dengan berjalan kaki saja. Sangat dekat soalnya. Keduanya dipisahkan oleh Sydney Harbour dengan airnya yang biru, bersih, dan jauh dari aroma2 tak sedap air laut yang biasa kita jumpai di pelabuhan2 pada umumnya. Karenanya, tak heran bila tempat ini selalu ramai dengan orang yang berlalu lalang, rileks menikmati hangatnya sinar mentari, ataupun menghabiskan waktu memandangi indahnya sang surya tenggelam. Selain itu, bila Anda datang di akhir minggu, Anda bisa bertemu dengan pasangan pengantin yang sekedar melakukan foto pre-wedding di sini ataupun menggelar pesta pernikahannya di sini. So, manarik bukan?

 

Ibuku dengan latar belakang Sydney Opera House

Seperti namanya, Sydney Opera House adalah sebuah kompleks/bangunan yang menjadi pusat pertunjukan opera di Sydney. Arsitekturnya yang unik dan design dalam gedungnya yang sangat wah, telah membuat tempat ini menjadi salah satu gedung opera terkenal di dunia. Dan Pemusic Addie MS dari Indonesia pernah pula menggelar konser music di sini pada tahun 2008 (atau 2009 mungkin? Sudah agak2 lupa).

 

Ibuku dengan Sydney Harbour Bridge sebagai background.

Begitu pula halnya dengan Harbour Bridge, jembatan besi ini menghubungkan kota Sydney bagian utara dengan kota Sydney bagian selatan yang dipisahkan oleh teluk Sydney. Aktivitas yang bisa kita lakukan di sini bermacam2, mulai dari sekedar jalan kaki menyusuri Harbour Bridge di jalur pejalan kaki, ataupun bagi yang suka tantangan, bisa juga memanjat  (bridge climb) jembatan besi ini hingga ke puncak2nya. Namun untuk bridge climb ini, kita perlu registrasi dulu, membayar sejumlah uang, dan kemudian dibekali dengan prosedur2 dan alat2 keselamatan. Bagi yang ingin naik ke puncaknya, tapi tak kuat memanjat jembatan besinya, kita bisa pula menaiki salah satu menaranya yang juga berfungsi sebagai museum tempat menyimpan benda2 yang berkaitan dengan sejarah2 pembangunan Habour Bridge di masa lampau. Di dalamnya juga ada mini bioskop yang memutar video proses pembangunan jembatan besi ini. Menara ini disebut Pantheon. Dari puncak Pantheon, kita bisa melihat kota Sydney dari ketinggian. Kita juga bisa melihat boat2 dan perahu2 yang berlalu lalang di teluk Sydney. Baguuuus banget.

Kedua tempat ini, Harbour Bridge dan Opera House, merupakan pusat perayaan tahun baru di Sydney. Pesta kembang api terbesar di Australia, dan direckon sebagai salah satu yang terbaik di dunia diselenggarakan di sini. Jadi tak heran bila ingin menikmati langsung pesta kembang api nan sangat meriah dan gemerlapan ini, kita mesti datang dan ambil tempat sejak pagi hari. Kalau nggak, penuh bok! Karena yang ingin menyaksikan pesta kembanga api ini tak hanya warga Sydney, tapi turis2 lokal dan luar negeri pun juga banyak yang ingin menyaksikan. So, kalo nggak mau datang pagi2, dijamin bakal tak dapat tempat dan pulang dengan gigit jari.

Kami dan Perayaan Tahun Baru 2011

Sebagai pusat wisata kota Sydney, sebenarnya ada banyaaaak sekali tempat wisata lain yang bisa sekalian kita kunjungi ketika kita mengunjungi Opera Hosue dan Harbour Bridge ini. Dan semuanya ini bisa diakses dengan cukup hanya berjalan kaki saja. Diantaranya:

  1. Sydney Botanical Garden yang berada tepat di depan kompleks Opera House.
  2. Mrs. Macquarie Chair yang berada di dalam komplek Sydney Botanical Garden.
  3. The Rock, dengan berbagai museum dan restoran2 enak khas Sydney yang nuansanya masih asli kota Sydney bak tempo dulu.
  4. Menggunakan ferry ke berbagai objek wisata lain di seputaran Sydney, seperti:
    1. Tarronga Zoo.
    2. Berbagai macam pantai, seperti Bondi, Manly, etc.
    3. Watson Bay.
    4. Parramatta River.
    5. Luna Park.
    6. Darling Harbour.
    7. Etc etc.

So, kalau Anda ada kesempatan main ke Sydney, jangan lupa unutk mengunjungi kedua tempat ini.

Sydney, 10 June 2011

~Dewi MAIRIZA~

2 thoughts on “Sydney Opera House & Harbour Bridge

  1. Hadeeehhhhh….ini cerita yg ditunggu2 hahahahaha… ember Wie, asal ada yg ke Sydney pasti gw tanyain perna ke tempat ini gag? *norak* :P…. aduh, emang mesti ke Sydney nih jalan2 (ngitung recehan dalam kantong! :D)….

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s