Ngintip peternakan onta

Waktu baru mendarat di Jeddah dalam perjalanan menuju apartemen, gw ribut2 di taksi nyari onta hahahahaha…. Ndeso bener, emangnye Jeddah kota kecil buuuu, banyak onta nyasar di jalan😀.

Jadi memang si hewan paling tenar di padang pasir ini ya adanya di luar kota sajahhh, peternakannya juga banyak tersebar dimana-mana. Tapi tidak dalam kota2 besar Saudi tentunya😀.

Pertama kali ngeliat si punuk seksi ini pas perjalanan Jeddah – Makah, tahun lalu. Para selebritis padang pasir ini lagi bergerombol di hampir setiap sudut padang pasir yg kita lewatin dalam perjalanan. Dari jauh kayanya yg kecil gitu, kaya kuda kata Abil hehehehe….

Terus, di suatu weekend bareng temen2 yang lain dan keluarga kita piknik ke Osfan, katanya banyak peternakan onta disana. Sebenernya tujuan awal piknik kita waktu itu ke Obhur, salah satu pantai di luar kota yang lumayan deket dari Jeddah. Perjalanan kesana cuma makan waktu gag sampe sejam. Tapi ternyata dari Obhur, pada ribut2 mau ke Osfan, ya gw sekeluarga ngikut aja. Sayang pas kesana, gag banyak terlihat selebritis padang pasir ini, pada ‘manggung’ di Makah katanya. Waktu itu kita kesananya menjelang lebaran haji sih, jadi para onta banyak yang digiring ke Makah untuk dipakai sebagai hewan qurban saat Idul Adha. Yup, di saudi bukan cuma sapi dan domba yang bisa jadi hewan qurban, onta juga yuk mariiii….

Untungnya masih tersisa beberapa biji yang cukup kooperatif untuk diajak foto bersama😀.

Sebenernya pas ke Osfan itu lagi panas2 nya booo udara di Saudi, puncaknya musim panas gitu. Ibu2 tadinya ogah2 an dalam mobil, cuma bapak2 nya aja yang ribut pada turun sambil nenteng para bocah. Pas ada instruksi “foto-fotooooo…” baru dah banci tampilnya keluar semua, pada berlarian keluar dari mobil hahahahahaha….

Oh ya, seperti sapi, onta juga bisa diambil susu nya loh. Sayang waktu itu stoknya lagi terbatas jadi keluarga gw gag kebagian. Lagian memang belom siap mental nyobain susu onta sih waktu itu hihihihihi…. katanya rasanya manis🙂. Harga susu segar onta (bener2 baru diperes dari onta nya langsung) sekitar 20-25 sr per cawan, kira2 satu cawan mungkin isinya 2 liter. Jadi per liternya sekitar 25 rb, hmmm …. mahal juga yak.

Dan akhirnya dapet kesempatan kedua untuk ngintip ke peternakan onta lagi. Weekend baru-baru ini, dalam perjalanan menuju kota Taif (akan dibahas di postingan yg lain ;)) … kita mampir bentar ke sebuah peternakan onta. Yang ini mantapppp, onta nya banyak hehehehe… lagi pada ngaso nampaknya. Gw sih gag turun dari mobil, bauuuuuuuu :(…. suami gw juga ngambil foto2 nya dari dalam mobil aja. Cuma bentaran yang ini, soalnya gag turun sama sekali, cuma say hello bentar ama si onta dan jepret…jepret…jepret…. cabut deh kita….

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s