Perut terjamin lahir batin di Jeddah ^_^ …

Kontributor : Jihan Davincka

Yoi berattttt…. selama tinggal di Jeddah gw suka bingung kalo temen2 gw di Indo suka nanya : “kangen gag sih Je ama makanan2 di Indo?” errrr…bingung jawabnya. Abisnya disini selain bumbu2 lengkap baik yang mentah maupun bubuk maupun daun2 an (eit, tapi kemangi blom nemu cuy, jadi kalo bikin woku kurang mak nyosss :() maupun yang batang2 an maupun yg bungkus2 an …. makanan yang siap saji juga berjejer dengan harga yang TIDAK MAHAL😀. Jadi jangan bilang gw males (meskipun memang sebenernya malesss :P) kalo sampe sekarang kemampuan per-dapur-an gw belum ada peningkatan hahahahaha…. padahal judulnya udah tinggal di luar negeri ampir setaon boooo *tepokJidat*.

Selain karena memang gw bukan tukang jajan (pelit to the max? hahahahaha) dan lidah gw yg emang kampung abis alias bisanya emang makanan khas Indonesia sajahh, jadi urusan perut selama tinggal di Jeddah aman tentram damai lancar jaya, merdeka! *kriuk* …

Mau makan apa sih nona-nona? ;)… demen makan di warteg kaya gw? Ada satu tempat makan (warung nasi)  di daerah Sharafiyah yg namanya Warnas Rindu Alam hihihihi, ayo ngakuuu yg sering makan disini? gw! gw! gw! biarpun kalau mau makan disini celingak celinguk dari dalem mobil takut kalo kepergok makan di warung! hahahahaha… pencitraan boo, pencitraan! :D… Abaya boleh yang murah punya, pake ‘jilbab pembantu’ ya sudahlah, tapi masa iya makannya juga di warung ck ck ck…bisa ditendang gw dari dunia sosialita disini hahahahaha…. Baiklah, mari kita fokus dengan judul postingan.

Di Warnas Rindu Alam mirip banget warteg modelnya, ada lauk pauk berjejer…kita tinggal minta nasi ama milih2 lauk nanti diambilin ama mas-mas yg jagain. Ada juga mie ayam bakso + segala jenis kerupuk (iya loh, itu kerupuk ampe satu rak gede segala warna segala rasa hihihihi, 1 sr aja per bungkus, yuk mareee diborong). Kadang juga jual ayam goreng tepung ala KFC gitu, KFC gadungan hehe… Yg masak so pasti orang Indonesia semua jadinya soal rasa dijamin cocok di lidah, harganya? makan bertiga disini (si Abil dari kecil udah dicekokin makanan warteg :P) + minum es teh manis jatohnya cuma 20 sr saja…. mantaaap!

Takut harga diri kebanting ketauan makan di warung? pesen dari rumah aja kan gag kliatan boooo hihihihihi…. Ada juga kog rumah makan yang menengah seperti RM Laksana, Purnama, Nusantara, dan baru dibuka nih RM Pasundan. Pengelola RM Pasundan ini tempat katering gw sehari2 soalnya🙂. Disini modelnya ya sama sih, lauk pauk berjejer, tinggal pilih2 ntar dicemplungin ke nasi putih di piring kita, tapi tempatnya lebih luas, kursi + meja lebih banyak. Kalo di Rindu Alam kan bener2 makannya hadep2 an ama penjualnya😀. Lauk nya yah sama persis deh kaya warung eh…rumah makan deng😛, di Indonesia. Kaya sayur2 an oseng2, lauk ala padang2 an, sayur lodeh, ikan goreng, bla bla bla…biasanya ini tempat makan siang para bapak2 yg ngantor…ayoo  ngacung, ngacung…suami gw angkat tangan paling tinggi pastinya…. tosss banggggg!

Yg elit an dikit gag ada nih bu? ada…cuma ini pake mikir dulu gw nulisnya, soalnya jarang kesana hihihihi… Ada 1 perna makan rame2 ama ibu2 sosialita disini (melambai2 ke ibu2 geng tajir gw hahahahaha), tapi super duper mengecewakan. Rasa pas-pasan, matok harganya gag kira2 *jempolKeBawah*. Restoran Jakarta namanya (klo gag salah), pake embel2 seafood kalo gag salah. Lokasinya melipir dikit dari IKEA lah. Sebagain contoh, nasi goreng udang nya dimana kita semua kesulitan menemukan udangnya dimana (ketinggalan di wajan mungkin?) hehehehe, dipatok seharga 30 sr. Mending makan nasgor nya Pattaya ama Asia deh, porsi yang sama cuma 15 sr, dengan isi yang jauh lebih ‘memadai’. Ada juga restoran Sumatra dan restoran Sriwijaya, gag bisa me-review, belom perna kesana hihihihi… ini nampaknya agak elit lah dibanding Laksana, Purnama, dkk. Mungkin pengaruh tempat dan jenis menunya lebih elit kali. Meskipun gw agak susah mendefinisikan maksud elit nya apa hehehehehe….

Pattaya ama Asia? ini bukan restoran Indonesia tapi Thailand punya. Tapi rasa dijamin cucok ama lidah kita😉. Sup tom yam nya Asia itu top! enak abissss, gw bukan penggemar tom yum tapi merem melek kalo makan tom yum dsini. Asli juara! Tapi biarpun begitu gw lebih suka ke Pattaya, nasi goreng ama bihun dan mie2 annya enakkkk uy, harganya kurang lebih sama di kedua tempat ini. Rata2 menu ukuran single dipatok harga 15 – 20 sr.

Ah ya, ada juga Rasela. Tempat makan wajib para ibu2 kalo abis ngubek2 di Balad hehehehe… sayang gw blom perna ikut sesi piknik ke Balad nih huhuhuhu…. Gw juga awal2 sering makan kesana. Menu2 nya enak2 loh, lumayan lengkap, mulai dari ayam bakar ampe soto2 an, nasi goreng segala rasa, ikan2 an (digoreng, dibakar, dikukus, you name it!). Harganya yang rada2 mahal (apa sih yg gag mahal menurut gw? hahahahaha)… maksud gw di tempat lain untuk menu yg sama rasa yang kurang lebih sama harga lebih murah. Nasi goreng disini dipatok 17 sr, padahal isinya lebih ‘miskin’ dari nasgor di Asia en Pattaya. Doyan nasi goreng buuuu? dari tadi nasi goreng aja yg dibandingin hehehehehe…. maap yah, saya doyannya steak!!! yg mahal!! *kibasPoni*.

Eh steak yah? ummm…hehehehe…baiklah, tadi gw sudah berdusta dan melakukan kebohongan publik dengan mengaku2 suka steak *salam2jari*… kan dah dibilangin lidah gw kampung abis, kasian dia kalo disuguhin steak, gag bisa ketelen nanti😛. Tapi gw suka denger cerita ibu2 geng tajir gw kalo steak yg enak tuh adanya di restoran yang pake nama2 hari itu loh, Friday apa Monday apa Tuesday gitu? Sunday? apa? Ruby Tuesday? nah itu kayanya…si Ruby Tuesday yg dimaksud! Tinggalkan segera paragraf ini gag bisa bahas apa2 soalnya hihihihihi…. alasan sebenernya gw gag suka steak karena gw punya darah Australia yang memang suka gag tega kalo liat sapi dipotong dengan semena-mena!

Sate gimana? ho ho ho, kangen sate gerobak? ada banget disini. Gag pake gerobak sih, tapi rasanya boleh diadu *halahhh* … kalo gw seringnya ke warung sate apa tuh ya, di gang sebelah warnas rindu alam. Gw bilangnya sih sate Bali karena deketnya ada toko kelontong Indonesia yg namanya “Toko Bali” hehehe… Jual sate ayam dan sate kambing, mantap rasanya, satu tusuk 1 sr, kalo untuk ukuran indonesia ya mahal, tapi potongan dagingnya montok-montok loh. Ada juga si pendatang baru, sate maranggi di RM Pasundan. Sate sapi ini sih😀. Lagi2 sapi, bisa dilaknat ama orang Australia kita ini *geleng2Kepala*.

Katering rumahan? banyak. Harganya juga gag mahal2 banget. Pokonya kalo agak2 gag akur ama dapur kaya gw (males maksudnya😀), gag rugi2 amat kog mesen katering rumahan. Biar gag bosen jangan tiap hari😉. Jadi minimal seminggu ada lah acara masak2 biar gag lupa nama2 bumbu, inget cara motong bawang, inget panci ditaro dimana, minyak goreng gag expired, dan seterusnya :D… Katering yg gw pake, dianter ampe pintu rumah, 3x seminggu. Tiap harinya gw mesen 2 porsi aja (18 sr). Tetep lebih mahal daripada masak sendiri tapi jauh lebih murah daripada makan di restoran dong ah😛.

Mesen2 buat acara2 syukuran kaya syukuran abis beli jaguar baru, syukuran abis borong abaya di Rubaiyat, syukuran ngontrak di compound mahal, dan berbagai acara syukuran lainnya bisa juga mesen di katering2 yg tadi. Lauknya juga gag terbatas. Segala ada. Semisal sate padang, nasi kuning/uduk komplit, rendang dan temen2 nya, lengkap!

Iseng2 pengen makan pempek or tekwan ato males bikin risol tapi pengen ngemil2? nda masalah. Tutup laptop gag usa repot2 nyari resep hihihihi… bisa mesen segala rupa disini, dan yang nawarin juga banyak jadinya harganya gag yang selangit.

Jadi begitulah… kesimpulannya : 1. Perut gag bakal mati gaya di Jeddah😀, dan biar pun perut pengen ‘gaya’,dompet gag bakal kecekik😉 … 2. Hati2 memiih tempat makan! Inget, gengsi itu harga mati disini! hahahaha… engga lah… apapun makanannya, warung mana pun yang dimasukin, semua manusia sama di mata Allah SWT! *iniLagiBahasApaYa* …  woiiii, jangan lupa itu masjidil haram jaraknya cuma 70 km dari sini…. haram hukumnya jadi orang congkak deket rumah Tuhan :)… yeah, dimana aja juga gag boleh ya ibu2 ^_^ …

Baiklah. Selesai sampai disini. Jadi…makan dimana kita ntar malam, Abil? apa? mau steak sayang? hayukkkk….steak tempe di warnas favorit kita kan hahahahahaha….hush!

Btw, nemu nih foto RM Rasela yang di Balad, nemu di fesbuk booo, ada account fesbuknya segala loh rumah makan yg ini…widiiihhhh :D…

10 thoughts on “Perut terjamin lahir batin di Jeddah ^_^ …

  1. Mantep banget Ji disana….udah kayak tinggal di Indo aja…Malaysia kalah kayaknya..apalagi India kagak nemu tuh produk Indo sebanyak disana apalagi restorannya ya…makin memperkuat keinginan gw buka resto Indonesia disini nih…cita-cita ..hahaha…eh btw, selera kita sama ya makan woku hihihi…disini bikin woku bisa pernah nemu kemangi sekali disupermarket langsung jingkrak gw hahaha…tapi jarang2…

  2. Pingback: Hegemoni Indomie di Saudi « Far away from homeland…Indomie's still d best!

  3. belom lagi dairy produk, kayak susu, yoghurt, juice..wahhh murceee… Rasanya juga lebih enakkk .. Produk Al Marai pokoknya enak2 deh.. Belom lg roti croisant coklat 7 days hmmmm coklatnya luberrrrr murceeee…. *peengenn balikkk…* maafkan kenorak-an saya ya Ji…:DD

    • tossss! gw juga penggemar berat Al Marai hehehehehe…. dear, dulu dirimu ngikut ortu apa suami nih disini? tahun berapan tinggal di Jeddah?😀

  4. Dulu gw jadi babugari di Saudia Airline tahun 2000… Trus pulang gara2 gw gak demen dgn lingkungan kerjaannya…pulang trus gawe kantoran, married, punya anak trus jd bu RT, trus tahun 2010 blk lg jadi babugari buat charteran Saudia Airlines penumpang haji, selesai haji pulang lagi.. Nah tahun ini rencananya mau balik ke sana lg, tp anak gw gak ngijinin lg scr tahun lalu gw cuma balik ke Jakarta 2x selama di sana hampir 3 bln… Anak gw kaget kyknya emaknya gak pulang2 hehehee… Ahh padahal kangggennnn surangeeenn.. Udah gt bisa umroh grratis tis tis… *curcol dweehh*

    • widiihhh pramugari tohhhh, asik dong…. ayolah, kesini lagi,bawa aja anak2 nya say, ama bapaknya sekalian diboyong😀

  5. Blom pindah aja,ekeh dah girang duluan baca blogmu,mbak.di alexandria,egypt setengah mati nyari mknan indo.yg banyak di cairo.baiklah,nantikan aku bulan depan yaah.ga usah disambut pake red carpet,laah.kyk pejabat aja.*situ okeh?

Silahkan berkomentar

