Tempat Belanja Bahan Dapur di New Delhi? INA Market!

Ditulis oleh : Relda Verma

Pertama kali berbelanja ke pasar dengan suami rasanya complain melulu, kok gak ada cabe merah,sere, daun jeruk, kemiri apalagi daun salam ama terasi (itu sih hanya emang hanya orang Indonesia ya yang makan ya hehehe) …..terus lagi ke tempat ikan lho kok ikannya ikan mas ama patin doank ya?  wah mulai gak tenang rasanya :(…yang ada di kepala mau masak apa ya saya, gak bisa makan woku nih soalnya menu woku adalah wajib buat orang Sulawesi hahaha.…sayur juga kok gak ada sawi, kangkung, bayam,brokoli apalagi daun katu yaaa sayur bening diluar mimpi deh.

Pernah sekali ke pasar pertama kali liat daun kari yang ada di otak saya pasti ini daun katu agak beda dikit sih. Daripada penasaran akhirnya beli, trus ampe rumah masak ..lhoo kok gak matang2 ya? Makanlah  ama nasi plus ikan goreng ternyata lama2 baru tau itu bumbu ternyata kayak daun jeruk buat pengharum masakan hahaha… Terus coba lagi belanja ke pasar yang lain kok isinya sama huaaa….

Pertanyaan selanjutnya yang ada dikepala saat itu adalah ada gak ya supermarket kayak carrefour atau giant disini mungkin bisa nemu sayuran,bumbu,buah dan ikan yang biasa kita konsumsi …Ternyata tahun 2006 supermarket kayak gitu belom ada di India. Sayur dan lauk pauk hanya dijual di pasar …Akhirnya daripada kelaparan mulailah beradaptasi dengan makanan India, skali2 masak ikan mas goreng, mau pepes juga gak bisa karena bumbunya gak ada😦.

Sampai akhirnya suatu hari saya harus mengurus dokumen ke KBRI di New Delhi disana bertemu dengan orang Indonesia yang kebetulan istrinya dari Sulawesi juga tepatnya daerah Toraja. Tanpa basa basi lagi saya langsung menelpon istrinya (Ibu Rante Sarira) dan pergi menemuinya setelah urusan di KBRI selesai. Singkat cerita kami pun langsung akrab maklum selera sama :D….. Ternyata punya pengalaman yang sama soal belanja bahan dapur waktu pertama kali menginjakan kaki di New Delhi..:). Dengan gaya sulawesinya yang sangat kental Ibu Rante menenangkan saya dan memperkenalkan dengan INA Market yang letaknya tidak jauh dari rumah Ibu Rante. Bahkan dengan baik hati si Ibu ini mengantarkan kita ke pasar segar tersebut.

INA (Indian National Army) Market, yang terletak berseberangan dengan Dilli Haat berdekatan dengan  Rumah Sakit Safdarjang, adalah satu-satunya pasar segar yang menjual semua keperluan makanan dari berbagai jenis sayuran, buah-buahan dan lauk-pauk yang gak ditemukan di pasar lain. Ada daging sapi gak ya? tentu tidak karena daging sapi adalah barang yang tidak dikonsumsi oleh sebagian besar rakyat India yang beragama Hindu… Tapi jangan sedih dulu daging sapi bisa ditemukan di pasar yang mayoritas penghuninya beragama muslim dan harganya pun murah. Maka jadilah ibu-ibu kita disini sering masak daging rendang, asyik bukan?😉. Dibandingkan dengan Jakarta yang harga daging sapinya membumbung tinggi India mungkin negara yang paling murah untuk soal yang satu ini ..:)

Bumbu yang sering kita pakai di Indonesia pun tersedia walaupun tidak semua ada. Yang ada misalnya daun jeruk, serai, lengkuas, jahe, kunyit. Lumayanlah paling tidak bisa buat opor ayam dan rendang. Kemiri tidak terdapat di India tapi dari menurut para chef terkenal kemiri bisa diganti dengan kacang mede. Tak usah risau kalau kacang mede, India adalah surganya dry fruit dan harganya pun murah😉. Mau kacang mede, almond,kismis dan jenis kacang lainnya bisa ditemukan dimana saja. Ada Tahu juga lho sayangnya tempe tidak ada di pasar ini😦. Foto2 ilustrasi diambil dari situs wikipedia.

 

Uniknya di pasar ini ada salah satu toko yang menjual produk-produk dari negara lain termasuk Indonesia. Nama toko tersebut adalah toko Ashok karena pemiliknya bernama Ashok, sering di panggil uncle Ashok. Senengnya lagi uncle Ashok ini selain berbahasa Inggris dia  bisa berbahasa Indonesia juga plus bahasa dari negara lain juga. Agak-agak lupa dia bisa bahasa apa aja. Dari Indonesia apa ya yang tersedia di toko Ashok? Hmmmm yang saya ingat ada kecap manis ABC dan berbagai jenis biskuit. Bahan makanan dari negara lain pun tersedia disini.

Akhirnya setelah menemukan INA Market rasanya plong hidup di negara seribu dewa ini :D…

5 thoughts on “Tempat Belanja Bahan Dapur di New Delhi? INA Market!

  1. wah .. akhirnya saya bisa menemukan blog yg berhubungan india hehehee.. saya ingin mengenal lebih jauh tentang india dan keanekaragaman serta kultur disana

    salam kenal

    siti

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s