Maastricht, the not-so-Dutch city in the Netherlands

Ditulis oleh : Ifa Rashad

Maastricht…hmm…itu letaknya dimana yaa? Di Jerman, di Belgia, apa di Belanda? Well, pertanyaan itu sebenernya ga ada salahnya. Karena kota Maastricht itu memang terletak di dekat perbatasan ketiga negara tersebut di atas.

Kota Maastricht (passage over Maas river) merupakan ibukota provinsi Zuid Limburg. Letaknya di bagian selatan Belanda, sekitar 2 ½ jam naik kereta dari Amsterdam. Kota Maastricht memang berbatasan langsung dengan Belgia (dari rumahku cuma 10 menit jalan kaki sampe perbatasan). Kalo kita 1 jam naik bus, sampailah ke perbatasan Jerman, kota Aachen.

Karena memang kota Maastricht ini terletak di daerah perbatasan, pengaruh Jerman dan Belgia (dalam hal ini Belgia Perancis) kental banget. Kalo diliat dari bangunan di kotanya, Maastricht ini cukup beda dengan kebanyakan kota di Belanda. Dari bentuk geografisnya, Maastricht terletak di daerah perbukitan – beda banget sama kota2 lain di Belanda yang terkenal dengan negara datar- jadi lebih naik turun kontur kotanya.

Penduduknya pun demikian. Mereka mempunyai bahasa/dialek, sifat, bahkan proporsi tubuh yang beda sama kebanyakan orang Belanda. Orang Maastricht dikenal dengan nama Maastrichtennaar atau Sjeng. Kalo dibandingkan dengan orang utara Belanda, proporsi tubuh orang Maastricht ga sebesar-besar dan setinggi-tinggi orang Utara. Kalo meminjam istilah suamiku niih…cowo2 Indonesia dijamin gak bakal merasa inferior  mendekati cewe Maastricht. Karena tingginya masih bisa bersaing dengan cowo-cowo Indonesia (*sayangnya dia udah terlanjur kawin ama gw sebelum dia pindah ke Maastricht:P).

Meminjam istilah di Wikipedia, Maastricht termasuk kota yang banyak sejarahnya (kalo mo liat sejarah singkatnya, bisa buka link ini http://www.vvvmaastricht.nl/city/history_0-2009.html).

Peninggalan sejarahnya pun masih terlihat di sana sini.  Jembatan yang ada dari jaman Roma masih terawat rapi  dan masih bisa digunakan. Jalan di centrum aka city centre-nya masih dari batu alami (ga diaspal). Dinding yang mengelilingi dalam kota (binnenstadt)juga masih ada. D’Artagnan, salah satu tokoh dari kisah ‘the three Musketeers’ yang terbunuh dalam peperangan melawan Perancis di Maastricht pun ada patungnya untuk mengenang kematiannya (gambar diambil dari situs world66.com)

Centrum Maastricht sendiri punya tiga lapangan (plein): Marktplein, dipakai tiap hari rabu, jumat (tiap minggu) dan sabtu-sabtu tertentu untuk pasar kaget, dan Vrijthofplein, dipakai tiap bulan Desember-awal Juni utk kerstmarkt (pasar malam dalam rangka natal) dan kermis (pasar malam kaya taman Ria Senayan – tapi cuma seminggu-), dan Onze Lieve Vrouwplein, kalau summer/cuaca cerah suddenly café-café di sekitarnya naro kursi dan meja di tengah lapangan tsb dan jadi tempat yang menyenangkan buat makan dan ngopi (istilah di sini terrasje).

Maastricht, seperti kota-kota di Belanda lainnya ga punya mall. Toko-tokonya tersebar di pusat kotanya kaya kalo di pasar baru or di blok M. VnD dan Bijenkorf merupakan dua toko besar yang konsepnya kaya pasaraya di Jakarta. Makanya kalo gw kangen suasana mall, yaaa..mesti ke “luar negeri” aka…Jerman or Belgia yang ga jauh dari sini. Tapi jangan salaah…meskipun ga ada mall, Maastricht termasuk kota yang modis lhoo…temen2 gw yang tinggal di Belanda seneng banget kalo ke Maastricht karena emang gaya org2nya beda. Sederhana, ga menor, tapi tetep cantik:D

http://www.maastrichtuniversity.nl/

So…if you want to visit Europe, don’t forget to visit me in Maastricht;) I bet you’ll be falling in love with this city, just like me:D

One thought on “Maastricht, the not-so-Dutch city in the Netherlands

  1. Mas ifa rasad,, saya kehilangan keluarga saya 10 th lalu om saya menikah di maastrict dan saya ingn bertemu lg tp gak tau apa mash hdup tdk,mas bisa bantu saya tdk,sy puny almtny?Please

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s