Hegemoni Indomie di Saudi

Memang di beberapa negara lain gw tau Indomie juga bukan barang langka. Apalagi di negara2 tetangga kita seperti Malaysia, Singapura, ama Australia. Tapi tetep aja gag sih di negara2 tersebut kita mesti mencari Indomie di tempat2 tertentu? biarpun tempat2 tertentu tersebut banyak berserakan dimana-mana…CMIIW yah :D…

Di Saudi? kehadiran Indomie bener2 terasa seperti di Indonesia. Mulai dari iklan2 Indomie yang frekuentif di berbagai saluran TV lokal. Indomie dijual di hampir semua toko lokal, termasuk toko2 kelontong kecil di sepanjang jalan. Toko lokal maksudnya toko yang tidak khusus menjual barang2 Indonesia aja. Disini istilahnya baqala. Jadi sama kaya di Indonesia, kalo stok Indomie abis tinggal ngesot ke warung sebelah, dijamin Indomie pasti ada ^_^ ….

Reklame gede2 di sepanjang jalan tol menuju Makah pun ada iklan Indomie segede gambreng… ini suami gw bingung mesti motoinnya gimana biarpun tiap kali lewat sana gw merengek2 minta dipotoin tuh reklamenya😛.

Kalo di toko2 lokal aja ada … apalagi di toko Indonesia!  dan btw, disini tuh banyak bener toko2 kecil yang jual barang2 Indonesia. Di jalanan utama distrik gw aja (Mushrefah) bisa ditemukan 3 toko kelontong Indonesia : Toko Sampoerna, Toko Mentari, dan Toko Suramadu. Keabisan bumbu2 khas indonesia kaya lengkuas, daun salam, atau tahu-tempe, bakso  dsb…tinggal minta tolong suami mampir bentar ke toko2 tersebut buat belanja hehehe… berasa nyonya besar deh disini, apa2 minta suami, ya salah sendiri perempuan gag boleh sembarang berkeliaran disini :P…

Jenis(rasa)  Indomie yang bisa didapatkan secara umum dengan sangat mudah yaitu : kari ayam, kaldu ayam, soto mie, mie goreng, ayam bawang, ayam spesial, ditambah 2 jenis yg seinget gw gag ada di Indonesia yaitu : rasa seafood, dan rasa jamur. Kalau mau Indomie yang selera nusantara (coto makassar, mie goreng rendang, mie goreng sate, dll), cari aja di toko2 Indonesia. Apalagi di Singaparna tuh, stoknya termasuk lengkap.

Indofood sendiri selaku produsen dan distributor Indomie punya pabrik dan kantor disini. Karyawannya lumayan banyak dan rata2 memang petinggi2 nya dari Indonesia semua. Salah satu perkumpulan ibu2 yg paling solid disini ya perkumpulan ibu2 Indomie itu😀.

Menurut cerita yang berkembang, Indomie bisa menjadi hits di Saudi karena dibawa oleh para TKI (termasuk TKW) kesini. Dan penggemar Indomie bukan cuma pendatang asal Filipina, Thailand, Indonesia, dan Malaysia loh. Tapi penduduk asli Saudi dan bangsa2 arab lain yg tetanggaan ama Saudi, org2 dari pakistan/india/bangladesh dll banyak yg doyan Indomie. Katanya para TKW  kan banyak tuh yg jadi pengasuh, anak2 majikannya disodorin Indomie jadi pada doyan deh ampe gede dan terus2 an begitu turun temurun. Para TKI yang mau praktis karena rata2 ada yg gag bawa istri, masak Indomie aja ya boo kalo laper… dijamin enak, hidup micin (vetsin?) hihihihi…. Para TKI/TKW tercinta ini banyak bener jasanya yak, Indofood mestinya berterima kasih abis2 an tuh ama mereka😀.

Harga Indomie juga terbilang wajar lah dsini. Rata2 per bungkus dijual 1 sr (sekitar 2300 rupiah ya kalo pake kurs sekarang, males ngecek online :P)… malah kalau membeli di supermarket2 gede, harganya cuma 0.9 sr saja… bener2 nih susah lepas dari Indomie hahahahaha…

Bukti lagi kalo emang perut itu bakal tentram lah disini biarpun katanya tinggal jauh dari tanah air😉.

10 thoughts on “Hegemoni Indomie di Saudi

  1. hai hallo, kunjungan balik nih.. iya, aku temennya anggi.. kenal juga ya?😀
    anywaaay, aku pernah nyobain indomie di saudi, tapi kok perasaan rasanya agak beda ya sama yg di indonesia, enakan yg di indo.. iya ga sihhh?

    • Iya, gw kan seniornya Anggi + suami lo di kampus…ehhh berarti senior lo juga dong ya hihihihii… tapi gw pesimis suami lo kenal gw😀. Gw angkatan 98 soalnya😛. Rasanya sama sih ya klo mnurut gw, tapi pndapat gw agak2 gag valid, apa pun yg berupa makanan (indonesia) rasanya selalu enak di lidah gw hahahahahaha….

  2. Asyik dong…bisa tetep makan Indomie….saya mesti ngirim Indonmie ke Jepang….soalnya kata anak saya, di sana nggak ada (maksudnya Indomie yang rasanya seperti di Indonesia)

    • Iya bu disini banyak, ya mungkin karena orang indonesianya juga seabrek2 disini hehehehe… dan dari berbagai kalangan ;)… dari yg ‘pejalan kaki’ sampe yg sanggup belil ferrari hihihihi… harga Indomie pun disini rata2 cuma 1 sr (2300 rupiah saja :D). Kalo beli di supermarket2 gede harganya malah cuma 0.9 sr …

    • banyak iklan Indomie hehehe… trus kalo channel anak2 misalnya ada drama anak2 gt suka jadi sponsor ,misalnya si anak2 kecil ngobrol sambil makan indomie hihihihi.. Kenal gara2 blog…tapi trnyata anak fasilkom2 juga uy hahahaha, dengan lo juga kenal, secara penggemar berat blog cacianqalb :P…

  3. Waaahh ini mba Jihan harusnya dapet fee dari Indofood, soalnya abis baca jurnalnya ini, langsung pengen masak indomie kari ayam pake cabe rawit yang banyak…ehhmmm, enakkkk… *ngencess* :DD

    • Heeeeyyy madam Arrazaq, tadi gw berkunjung balik ke lapak nya lowh tapi ninggalin komen 2x gag masuk2 huhuhuhu…. ibaratnya namu gag dibukain pintu hehehehehe *pundung* … salam kenal ^_^

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s