Musim Mangga di India

Ditulis oleh : Relda Verma

 Akhhhh mangga lagi….mangga lagi, tiap hari rasanya tidak pernah bosan makan buah yang satu ini. Hal ini mengingatkan saya akan kejadian sewaktu kami masih tinggal di Malaysia.

Ceritanya waktu jalan-jalan di mall pernah melihat buah mangga yang besar dan harganya tidak murah, saat itu terus berpikir kok mahal sekali mangganya apa ya istimewanya? Akhirnya karena rasa penasaran yang tinggi maka tergodalah untuk membeli. Harga mangga tersebut sekitar 10 RM (=114 Rupee) per biji dan kalau dibandingkan dengan mangga Malaysia saat itu sudah dapat 3 kilo untuk harga yang sama. Mangga tersebut diberi nama IndianMango. Suamiku pun tidak tahu berapa harga mangga tersebut di India pasalnya tidak suka makan buah…  Ternyata rasanya memang tidak mengecewakan, bahkan lebih manis dari mangga harummanis Indonesia.

Mangga yang saya beli di Malaysia waktu itu ternyata bernama mangga Banganpali dan harganya disini hanya 28 Rupees per 1 kg (= 2 RM). Dua jagoan saya pun sangat menyukai buah ini seperti yang terlihat difoto ini…

Bulan Mei dan Juni ini adalah puncaknya musim panas di India bagian utara, suhu bisa mencapai 48 derajat Celcius tetapi panasnya suhu rasanya terbayarkan dengan hadirnya buah mangga yang berlimpah.

Buah mangga digelar sebagai “King of Fruit” of India dan menurut data statistik : India adalah penghasil mangga terbesar di dunia, kononnya buah mangga ini pun merupakan makanan dewa  mereka dulunya. Mangga yang paling popular dan paling banyak di ekspor ke luar negara adalah mangga Alphonso dan harganya paling mahal juga disini. Rasanya pun tentu lebih enak dari mangga Banganpali tadi. Pokonya Harummanis dan mangga golek lewat deh….:)

Mangga Alfonso...yummmyyyyy

Jenis mangga sangat bervariasi antara lain yang pernah saya coba adalah Alphonso, Kesar, Daseri, Mallika, Rajapuri, Totapuri dan masih banyak jenis lain yang saya tidak ingat…untuk jenis lainnya bisa dibrowsing di google. Foto dibawah ini adalah hasil belanja buah mingguan keluarga dan mangganya adalah Banganpali, Mallika dan Totapuri..hhmm yummyyy…

Gambar di bawah diambil dari http://www.visualphoto.com … dari pohon mangga nya, hasil panen ketika mangga sudah menguning + matang + wangi, dan siap dijual di pasar (foto di bawah adalah pasar buah di Mumbai).

Karena begitu banyaknya mangga sehingga banyak produk yang terbuat dari mangga antara lain acar mangga, bubuk mangga(beberapa jenis makanan india menggunakan bubuk mangga), jus mangga dan ada juga yang dikeringkan untuk dipakai sebagai bumbu masakan. Salah satu minuman yang terkenal bahkan sudah menjadi menu wajib disetiap restoran India dalam dan luar negeri adalah Mango Lassi, minuman ini terbuat dari mangga dan yogurt yang diblender. Simple saja tetapi rasanya sangat fantastis😀.

Pada musim mangga ini pula restoran-restoran mewah menawarkan menu yang terbuat dari mangga mulai dari cake, masakan sampai pada milkshake mango.

cake mangga / mango cake, mango lassi, dan mango slice

6 thoughts on “Musim Mangga di India

  1. Reldaaaa… gw sering banget beli mangga india disini, tapi engga ah, rasanya enakan mangga arumanis ama mangga2 indonesia lainnya *hidup Indonesia!* hihihihihihi….

    • Hi Suman, unfortunately it is in Indonesian languange so you can’t understand but I guess you get the point right…:) Thinking to do in English in my own blog next time…idhar aoo..mango bahut hai..hehehe..

  2. WAaaahhh saya baru tahu loh mba kalo India penghasil mangga nomer 1 dunia.. Tadinya saya suka heran kok di setiap resto India di sini pasti ada amngo lassi,dan ada masakan yang namanya mango chicken ternyata di India banyak mangga jugaaa😀 katro ya dirikuu hehehhe…

  3. Mangga alfonso seperti gmbr di atas kalau di jawa itu mirip mangga kopyor. Bentuknya buntet, gemuk, rasanya sangat manis. Manisnya beda dengn arummanis. Kalu kopyor itu manis segar. Jika matang kulitnya berwarna kuning seperti di atas, dagingnya berserat. Paling manis jika matang di pohon.

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s