Transportasi di Bergen : Super Nyaman tapiiii…..

Sumber : Afifi Rahmah Muluk

Gambar diambil dari http://www.ba.no/nyheter

Di Bergen ini ngurus SIM ribet minta ampun. Jadinya males punya mobil. Untuk dapetin SIM, harus ikut kursus teori dan kursus praktek nyetir. Ada yang emang kalo udah punya SIM international bisa langsung kepake.. Tapi katanya sih kalo SIM  Indonesia harus pake tes lagi disini dan biaya sama.

Kursus nyetir dong?? Jadwal kursusnya gak gampang … Buat daftar kursus aja harus ngantri lamaaaa…Trus buat biaya kursus aja minimal 10rb nok itu sama dengan 15 juta perak *tepokJidat*. :PKebayang gak tuh bedanya sm di indo?😛.  Trus kalau nggak lulus di tes pertama harus ngambil tes lagi secara keseluruhan. Kalau nggak salah sekitaran 30rb-50rb nok.. Sekitar 45jt-75 jt rupiah😉.  Cuma buat kursuss…belom beli mobilnya huhuhuhu….

Kalau membawa mobil disini pun parkirnya gak bisa sembarangan. Dan biaya parkir juga mahal😛. Harus di tempat parkir khusus, jadinya kalau gag pas di tempat yang hendak dituju, sisanya ya pake jalan kaki deh hehehehe…

Tapi sebagai kompensasinya transportasi di negara-negara maju memang patut diacungin jempol😀. Terutama soal kebersihan, kelengkapan, jadwal yang teratur dan tepat waktu, biarpun ongkosnya juga gag murah hehehehe… sangat tidak murah tepatnya (dibandingkan dengan ongkos angkutan umum di Indonesia) 😛.

Angkutan umum di Bergen biasanya menggunakan bis dan bybanen (kereta dalam kota), bukan metro atau subway. Ada jurusan nya juga dan pake penomoran, misalnya no.4 untuk flaktveit – oasen.

Disini satu kali naek bis itu 25 NOK = 40rb rupiah🙂. Kalo di Indo udah bs naek taksi dr kuningan ke PS😀.  Dan tiketnya masih berlaku dipake sampe 1,5 jam. Gue sendiri ngantor tiap hari. Jadi gue beli monthly card…itu 660NOk sebulan..bisa dipake kapan aja sesering mungkin selama sebulan. Oh ya, untuk anak-anak gratis. Dari umur 10-12 thn lebih murah. Trus klo student juga diskon. Dan manula juga lebih murah harga tiketnya😉.

Daerah perkantoran agak jauh, deket airport. Tapi kalo tiap pagi dan sore (jadwal orang berangkat ngantor) ada bis yg agak ekspress. Ngelewain terowongan panjang dr rumah gue. Jadinya lumayan cepet…kalo gak macet..paling 30 menit – 40 menit ^_^.

Gambar di awal postingan itu bis yang gue pake tiap hari🙂. Bis disini pun sifatnya ‘baby/stroller friendly’, bis-bis nya bisa digunakan pula untuk mengangkut stroller dan gak ada biaya tambahan. Dan tiket bis yang sudah kita beli tadi dapat pula digunakan untuk kereta😀.

Semua bis dan kereta ada jadwalnya. Disediakan pula website khusus untuk melihat timetable bis dan kereta. Website nya : http://www.skyss.no. Gue selalu ngecek website ini saban bepergian. Kita tinggal masukin halte atau alamat tempat tinggal kita, alamat tujuan, dan jam keberangkatan yang diinginkan, nanti keluar deh pilihannya apa aja lengkap dengan perkiraan waktu tiba di tempat tujuan. Emang perlu banget sih ngecek-ngecek jadwal bis, bayangin aja kalo winter, udah kedinginan disuruh nungguin bis karena gag tau jadwalnya. Dan biasakanlah tiba 5 menit sebelum jadwal keberangkatan biar gag ketinggalan, soalnya kalo nunggu lagi bisa lama booo… Gimana kalau bis nya yang gag tepat waktu? Kalo kita nunggu dah lebih dari 20 menit, boleh naek taksi dan nanti biayanya di klaim ke perusahaan bis nya. Top abis yaaaa hehehehhe… (penulis : waduhhhh, pengen kesanaaaa huhuhu).

Oiya, apa gak ada taksi? Ada banget😀. Tapi FYi, pas buka pintu aja harganya 40 NOK itu sm dengan 60rb😀. Jarak yg deket aja tarifnya bisa ampe 100 NOK = 150rb perak! (Penulis : ya gag papa la yaowww gag naik taksi kemane-mane secara bis ama keretanya udah canggih abis begitu hehehehe…).

Orang-orang disini ada juga yang pake mobil, banyak yg milih naik bis, dan banyak banget yang seneng pake sepeda. Bahkan ada yang freak banget ama sepeda. Bela-belain beli yang harga 20 rb NOK sampe 50 rb NOK cuma buat kendaraan roda 2 yang harus digenjot. Ada temen gue yang niat banget sepedaan ke kantor, padahal jaraknya jauhhhh…
Harga bensin sendiri sekitar 14 Nok 1 liter…diesel 13 Nok 1 liter..kalo dirupiahin sekitar 21rb rupiah 1 liter, padahal termasuk negara penghasil minyak terbanyak… subsidi pemerintah? ya nggak ada laahhh😀.

Penulis : tuhhh, bersyukur yang tinggal di Jakarta, bensin cuma segitu hehehehe… yahh impas lah ama angkot nya yang ‘sangat tertib’ itu :D… Jadi penasaran ama gaji lo, Fif? :P… ngerumpi berikutnya bolehlah kita bahas itu hahahahaha….

Btw, si sumber postingan ini (madam Afifi) cuma ngasi foto sebiji yaitu foto si bis yang si doi pake ke kantor. Jadi gw seenaknya nyomot2 in foto2 Afifi dari fesbuknya di album yang berbau2 kota Bergen dan mudah2 an yg tampak di foto nyambung ama isi postingan hehehehe…

:p

(written ‘n edited by : Jihan Davincka)

4 thoughts on “Transportasi di Bergen : Super Nyaman tapiiii…..

  1. Gile biaya bikin SIM nya mahal bener yakkk…udah dapat mobil atuh tuh di India hihihihi…..kayaknya sama ama Singapore ya soal transportasinya, bersih, aman, cepat dan orang2 juga lebih milih naik bus/metro kalo mau kemana-mana…

    • Iya Rel, mungkin kalo di negara2 yang transportasi umum nya gag oke, harga mobil rata2 murah. Disini juga mobil murah benerrrr hehehehe… Plus minus😉

      • Kalo di India alasan mobilnya murah bukan karena transportasinya gag oke ji, tapi karena dari design sampe manufacturing dibuat disini semua ..jadi gak ada yang di eksport…india banyak lho produk automobile nya…yang ekspor juga banyak untuk orang2 borju..pengen bikin critanya cuman knowledgenya masih kurang hehehe…

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s