AL Baik, si Ayam Goreng Tepung Made in Saudi

Biarpun statusnya hanya berupa ayam goreng tepung, tapi Al Baik ini sangat tersohor ya booo di kota Jeddah. Sebelum gw menginjakkan kaki di kota Jeddah, suami gw udah sering banget mengelu-elukan si ayam goreng yg satu ini. Padahal biasanya si doi males bener ama segala menu-menu an yg berupa ayam. Ini pasti ada apa-apanya nihhhh *curiga*.

Jadilah baru 2 hari menghirup udara Jeddah, di suatu malam, diajaklah gw ke Serafi Mal, khusus buat icip-icip si Al Baik ini…duuhh…penting yeeee😀. Pas di food court, melihat antriannya yang panjang, gw cukup optimis gw bakal doyan ama Al Baik ini. Tapi setelah nyobain …eng ing eng…. sumpe dehhh, kaga ngerti enaknya dimanaaaa, gag enak-gag enak-gag enak huhuhu….

Al Baik ini sendiri adalah sejenis fast food kaya KFC / McDonalds. Gag semua kota di Saudi loh yang menyajikan si AL Baik ini. Hanya ada di Makah, Jeddah, Madinah, Yanbu, ama Taif deh (kalo gag salah). Di kota Jeddah ini, saking tenarnya, cabangnya ada sekitar 20 an. Tersebar di berbagai mal dan gerai yang stand alone.

Salah satu gerai AL Baik di Jeddah (source : virtualtourist.com)

Menunya seputar ayam, udang, dan ikan.  Ya ayam goreng tepung, ikan goreng tepung, dan udang goreng tepung, plus nugget masing-masing😛. Menu sampingan juga ada kaya jagung2 an dan es krim.

Apanya yang khas? Rasa memang sedikit beda dibanding sesamanya. Terus selain saos tomat, makannya juga bisa dicocolin ke saos bawang putih (garlic sauce) yang emang enaaakkkk *jempol*,  juara!

Gw sendiri emang gag doyan ayam goreng tepungnya, instead, gw suka banget ama nuggetnya. Udang sih diapain aja pasti enak yah, harganya yg gag pernah enak hahahahaha… Tapi overall, harganya emang dibawah rata-rata untuk segala jenis menu dibanding fast food lain yang sejenis. Terkuaklah misteri kenapa si papah yang doyan banget ama si AL Baik ini hahahahahaha…. Apa karena ini juga orang-orang pada suka sama AL Baik? *garukGarukKepala* … hampir semua temen gw doyaaaannnn banget ama ayam goreng satu ini. Gw sih cinta matinya ama KFC seorang (yang made in Indonesia tapi yaaaaa😉, KFC sini kurang rasa).

FYI, porsi di Saudi ini lebay deh… jadi misalnya paket menu ayam goreng itu disini yang reguler isinya : 4 biji ayam, kentang goreng, 1 roti, 1 soft drink. 4 ayam booooo ck ck ck…., makanya sisi positif nya bisa beli 1 paket aja trus dibawa pulang ke rumah buat dimakan rame-rame. Hihihihi…ujung-ujungnya duit juga (mak iriiitttt :P).

Alasan laen kenapa gw lebih suka makan di rumah, karena kalo makan di  mal atau di gerai nya, gag ada nasi! hahahahaha… orang kampung cuyyy, makan mesti pake nasi! yaaahh, model kaya gini ribut-ribut mau tinggal di Eropahhh, belajar makan kentang dulu buuuuu….

5 thoughts on “AL Baik, si Ayam Goreng Tepung Made in Saudi

    • O ya? katanya sih tajaz pake nasi yah, dan katanya rasaya ‘arab’ banget hehehehehe… sepertinya gw gag bakal doyan tajaz juga hihihihi

  1. iya ada paket yg pake nasi atau kentang, pasti Jihan gak suka deh apalagi kalo pake saos nya yg agak2 pait.. *yah gw lupa namanya*

Silahkan berkomentar

