Warna Warni Rajasthan

Ditulis oleh : Relda Verma

Rajashtan Tour

Pengen liat padang pasir lengkap dengan onta nya? Gak usah jauh-jauh ke Arab, di India juga ada  lho! Mungkin memang sangat pas slogan pariwisata India yang dikenal dengan “Incredible India”. Mau apa aja memang ada di India, yang bersih yang kotor, yang indah yang buruk, yang kaya yang miskin, yang modern yang kuno semuanya ada disini. Coba sebutkan mau apa aja pasti ada disini, mau salju ada juga lho disini tapi kali ini kita ngebahas soal keindahan Rajasthan dengan gurun pasir dan tempat menarik lainnya ya.

Rajasthan adalah salah satu negara bagian Utara India, letaknya tidak jauh dari New Delhi. Ibu kota dari Rajasthan adalah Jaipur. Rajasthan juga merupakan salah satu tempat favorit para wisatawan karena 80% dari wilayah tersebut mempunyai sejarah yang menarik dilihat dari banyaknya peninggalan istana-istana,  gurun pasir yang indah, danau yang indah bahkan tekstil dan aksesoris nya pun banyak menarik minat para wisatawan.

Jaipur sebagai ibukota dari Rajasthan dikenal dengan sebutan “Pink City” karena sebagian besar istana peninggalan raja penguasa diwaktu dulu berwarna Pink. Di kota ini banyak sekali terdapat bekas istana diantaranya yang sangat terkenal adalah Hawa Mahal yang dibangun pada tahun 1799 oleh Maharaja Sawai Jai Singh. Tempat bersejarah lain yang selalu dipadati wisatawan adalah Nahargarh Fort, Jantar Mantar, Jaigarh Fort, Albert Museum dan Rambagh Palace.

Hawa Mahal, JantarMantar, Nahagartfort

Selain itu dikota ini bisa menikmati Elephant Safari sembari keliling kota. Dibawah ini foto-foto suami dan teman2 dari TransTV Indonesia sewaktu mengunjungi Jaipur.

Thar desert

Kota lainnya yaitu kota Jaisalmer juga dikenal dengan nama “Golden City of India” karena gurun pasir yang indah menampilkan warna emas diwaktu sore. Kononnya tempat ini lebih menarik untuk dikunjungi dibandingkan dengan kota lain dari Rajasthan yang letaknya sekitar 575 km dari Jaipur karena terdapat gurun pasir yang indah yang dikenal dengan nama Thar Dessert. Menunggang Onta di gurun pasir adalah daya tarik tersendiri di kota ini. Selain Thar Dessert disini terkenal juga dengan Jaisalmer Fort yang merupakan salah satu benteng warisan terluas didunia, bangunannya pun sangat indah apalagi diwaktu sore hari karena pantulan sinar matahari membuatnya berkilau seperti emas.

Atraksi turis

Selain dua kota tersebut ada pula tempat menarik lain yaitu Nakki Lake yang terletak di Mount Abu, tempat ini merupakan bagian tersejuk didaerah Rajasthan. Juga ada Ajmer City yang terletak 135 km dari Jaipur. Kota ini terkenal dengan Dargah Sharif merupakan mesjid indah yang setiap bagian dari banguan tersebut adalah donasi dari raja-raja muslim pada waktu itu antara lain Shah Jahan yang empunya Taj Mahal. Mesjid ini dibangun dengan marbel putih. Juga ada kota Bikaner yang terletak sekitar 330 km dari Jaipur dikenal dengan makanan ringannya (namkeen) yang enak, selain itu juga ada bangunan bersejarah lainnya yang bisa kita jumpai di kota ini.

Akses ke Rajasthan sangat mudah, ada airport yang terdapat di beberapa kota di Rajasthan juga melalui kereta dan bus travel bisa diakses dari berbagai kota di India.

Jaipur Airport

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s