Wow… It’s very Pricey in Tehran ….

Ditulis oleh : Fitri Hastuti

Tinggal di Tehran memang mahal, mulai dari harga sewa rumah sampai harga makanan. Rumah tinggal di Tehran umumnya dalam bentuk unit apartemen. Sudah sejak lama pemerintah Iran menerapkan system ini untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan tempat tinggal bagi rakyatnya.

Tehran apartment complex : small or medium or large , (worldisround.com)

Apartemen yang disewa dilengkapi dengan furniture atau fully furnished biasanya tidak membutuhkan pembayaran deposit di awal waktu tanda tangan kontrak. Sementara apartemen yang tidak dilengkapi dengan furniture, sebagai calon penyewa kita harus dapat memberikan deposit di awal, di mana setelah kontrak kita selesai dan kita  tidak berniat lagi memperpanjang maka kita dapat mengambil deposit tersebut jika si pemilik apartemen merasa rumah yang disewakan kepada kita tetap berada dalam kondisi baik. Namun jika ada beberapa bagian yang rusak maka sebagian dari uang deposit tersebut akan dikurangi untuk memperbaiki rumah yang kita sewa.

Sebagai gambaran mahalnya sewa apartemen di Tehran, apartemen fully furnished sewanya untuk 1 bulan bisa mencapai 1,5x biaya kontrak rumah 1 tahun di Jakarta, dan sewa untuk rumah unfurnished 1 bulan kurang lebih sebesar 3-5 kali biaya kamar kos furnished di Jakarta.. wow..

Another view : Tehran Apartments (worldisround.com)

Ketika sampai pertama kali di Tehran, kami memilih menggunakan jasa agen untuk mendapatkan apartemen yang kami dapatkan informasinya di koran lokal berbahasa Inggris. Agak sedikit ragu pada awalnya, tetapi ternyata pelayanannya cukup memuaskan. Agen yang memiliki mobil biasanya akan menjemput kita untuk melihat rumah dan kembali akan mengantarkan kita ke hotel setelah selesai. Sementara agen yang tidak memiliki mobil akan menjemput dan mengantarkan kita kembali ke hotel dengan menggunakan taksi darbas ataupun taksi mustaqim, plus dengan menawarkan ongkos taksi bagi kita sehingga tidak terlalu mahal. Agen pun biasa menjadi penengah pada proses tawar menawar antara kita dan calon landlord hingga tanda tangan kontrak menggunakan jasa perusahaan agen tersebut. Biasanya baik penyewa maupun landlord akan memberikan fee masing-masing setengah dari biasa sewa apartemen satu bulannya.

Teh Alyn dan Dedek Arya lagi maen dalam apartemen😀

One more thing to be noted. Sebelum menentukan apartemen mana yang akan kita sewa, cek dulu ketersediaan layanan jaringan internet berlangganan. Karena jika kita hanya menggunakan internet dengan kartu, layanannya masih belum terlalu baik, lambat, dan seringkali terputus. Bisa dipastikan hidup kita akan terisolasi.

Pada tahun pertama tinggal di Iran, kami memilih tinggal di suatu daerah yang juga terkenal dengan daerah perkantorannya. Sehingga pada waktu kami apply untuk berlangganan layanan internet, dengan sangat terpaksa customers service di beberapa perusahaan bilang jaringan penuh dan tidak mungkin ditambah layanan baru, dan silakan tunggu beberapa bulan.Alih-alihnya kami menggunakan kartu internet yang dikoneksikan dengan telepon rumah. Tidak usah dibayangkan kecepatannya, baru 5 menit tersambung tiba-tiba putus sendiri. Bagaimana mau chatting dengan keluarga dzi Indonesia? Masih untung tariff telepon internasional dari Iran ke Negara lain masih jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia. Rasa kangen masih bisa terobati dan keperluan mendadak masih dapat terjembatani.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa selepas tahun baru Iran (Nowruz) maka harga-harga di Iran akan meningkat, begitu juga dengan jasa dokter dan rumah sakit yang sudah dipastikan akan terkena imbasnya juga. Pada tahun 2008 pertama kali mendatangi dokter anak biayanya hanya $12. Tahun berikutnya sehabis tanggal 21 maret menjadi $14, tahun 2010 menjadi $16, dan sekarang menjadi $18.  Mantap yaaa.. hiks

Sebelum akhir tahun 2010, rakyat Iran masih bisa menikmati beragam subsidi sebagai layanan pemerintahnya. Tetapi ketika pemerintah sudah tidak lagi diberikan, tagihan air dan listrik bisa mencapai 2 hingga 3 kali lipat dari tarifnya dulu. Kudu pinter deh kita si Ibu Rumah Tangga ngatur belanja bulanan.. pinter sama pening nyampur kali yaaa

Tips jitu untung mempertahankan anggaran belanja bulanan adalah dengan berbelanja di Bazar Ruz, pasar tradisional yang buka setiap hari, kecuali hari Jumat. Letak pasar ini selalu ditunjukkan dengan logo atau papan orang tengah mendorong troli. Perbedaan harganya cukup signifikan dibandingkan dengan membeli sayur atau buah di toko pinggir jalan atau membeli daging di toko dekat rumah. Pasar ini buka sekitar pukul 9.00 hingga pukul 12.30 dan dilanjutkan kembali dari pukul 15.30 hingga pukul 20.00. Sementara untuk harga barang lainnya, seperti susu, jus, makanan ringan, keju dan roti tidak terlalu berbeda signifikan karena masing-masing produk sudah dilengkapi print harga jual oleh pihak produsen.

Bazaar in tehran (tripwow.tripadvisor.com)

  Hebatnya Iran, ketika harga bensin sudah melonjak empat kali lipat karena pencabutan subsidi, harga susu masih tetap sama. Pemerintah Iran sukses menjamin tidak ada pasokan kebutuhan pangan yang tersendat, tidak ada produsen yang menimbun, dan harga barang tidak serta merta melonjak tajam. Tidak seperti di Indonesia yang baru pengumuman gaji PNS akan dinaikan harga barang pun sudah naik. Ajung jempol deh buat Iran. Tapi disini gak boleh acung jempol sembarangan ya.. tabu.. hehe

 

 

3 thoughts on “Wow… It’s very Pricey in Tehran ….

  1. Mbak, saya mau ke Iran beberapa bulan untuk urusan pekerjaan. Di Tehran dan Mashad. Berapa ya kira2 biaya hidup single di sana : sewa apartemen satu kamar atau studio fully furnished, ada internet (kecepatan berapa kbps?), kalau bisa yang terjangkau ke kantor di 1264 Vali Asr Avenue , makan 3 kali sehari. Apakah Blackberry bisa dipakai disana? Ada BB servicenya?

    • Salam Mas, mungkin pertanyaannya bisa dilayangkan langsung ke kontributor yang bersangkutan. Namanya mbak Fitri Hastuti, emailnya di : fitri.hastuti@fe.unpad.ac.id … mbak Fitri sampai sekarang masih bermukim di Tehran. Thanks sudah berkunjung ke mamasejagat. Oiya, sedikit dari saya, di Tehran angkutan umumnya enak kog, banyak taksi juga, ada taksi murah meriah yang namanya taksi mustaqim. Naiknya rame-rame lewat rute tertentu, yang lewat Vali Asr pasti banyak. Internet biasanya pasti ada sih. BB service juga ada di Tehran. Trims. Mungkin bisa dikonfirmasi ke mba Fitri juga🙂. Hope it helps.

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s