Info makanan halal – haram di Saitama

Ditulis oleh : Amia Ersanti

Tutup taun masehi kemaren, ditandai dengan kedatangan nyokap dan ade gw, seneng banget deh, walopun rada berat pas mereka mo balik ke jakarta yaa, dan emang selalu begitu deh kalo didatengin, mendayu2 pas yang datengin mo kembali ke endonesa:(…

Bareng nyokap & adek😀

Mau sekedar berbagi, maaf kalo yang baca gag berkenan, ini juga gag maksud menggurui siy, cuman gw rasa gag ada salahnya juga nyampein…

Saitama Food …. source : http://www.pref.saitama.lg.jp

Waktu nyokap dan ade gw kemaren dateng, mereka kan *biasa deh* begitu urusan mo pulang, pada sibuk cari oleh2, untungnya nyokap pergi sama ade gw, yang gag repot urusan baca-membaca, oleh2 mana yang bisa dan boleh dimakan, jadi yaa mereka sering pergi beduaan buat nyari oleh2 berbentuk makanan, gag perlu nunggu Ridho atau gw balik kerja…

Setelah urusan oleh2 makanan kering itu hampir kelar, ade gw mulei sibuk nanya2 ke gw, tentang Tokyo Banana, mengingat tempat tinggal kita yang ‘agag’ desa, jadi kan PR yeee nyari tokyo banana ini, kalo spesial disuruh pergi ke tokyo ato kota besar laennya, agag gober ngeluarin ongkosnyah :D…

Setelah browsing2 kedapetan deh tokyo banana ini buka counter kecil di Parco Urawa…seneng dong, secara tu tempat bisa ngesot dari rumah:D…

Begitu mo beli tu kue pisang nan happening, ternyata kagag bisa dimakan sodara-sodare:D…penonton kecewa? pastinya yaaa, kan penasaran juga sama rasanya, yang tinggal di sini aja belon pernah nyobain :D…

Tokyo Banana ……. source : wchpeng.com

Ada beberapa yang bisa dimakan siy, tapi justru yang jenis paling terkenalnya kagag bisa dimakan…Ada gelatin-nya dan kita tanya sama mas2 di counternya, sampe tu mas2 nelpon ke perusahaannya, gelatin itu dari apa, dan ternyata dari hewan, yaa gag bisa dimakanlah pastinyah:D…(tadinya gw mo ngotot nanya lagi, hewannya apa, kalo ikan kan masi bisa dimakan yeee, tapi Ridho bilang udahlah, kalo gelatin kayaknya gag ada yang dari ikan :P)

Gag bisa dimakan dalam arti buat orang2 muslim yaaa, kalo orang di luar muslim siy gag ada masalah book:)…tapi gw juga tau siy gag semua muslim mau tau dan pusing urusan bole gag bole dimakan inih, dulu gw juga gitu kok, pusing2 amat mikirin bole dan gag bole, apalagi kalo makanan dari jenis yang bahan dasarnya halal aka boleh dimakan, misalnya sapi atau ayam, males mikirin ini haram itu haram, ntar bakalan gag makanan deh….

Tapiii, setelah punya anak, semua berubah total, Ridho siy udah lebih strict dari dulu, gw nya aja yang masi koboy waktu belon beranak:D…serem juga kan kalo kita ngasih makanan ke anak kita sesuatu yang dilarang Allah SWT dosanya dobel booo, hehe…

Untuk bahan pertimbangan aja, kali2 butuh kalo jalan2 ke sini dan mo makan2 ato mo beli oleh2 makanan…bisa ceki2 ingredients-nya dulu

Daftar Haram
1. ショトニング Shortening

2. マーガリン Margarin

3. 油脂 Fat

4. ゼラチン ジラチンGelatin

5. 肉、鳥肉、豚

肉、豚肉、牛肉、鶏肉、

豚肉由来成分含む、とんかつ

All kinds of meat beef, chicken, pig

6. ビーフエキス Beef extract

7. 鳥肉エキス、チキンエキス Chicken extract

8. 肉エキス Meat extract

9. ポークエキス Pork extract

10. ラード(豚)Lard (Butaniku; pork)

11. ビーフカレBeef curry

12. ビーフコンソメBeaf consomme

13. コンソメパウダーConsomme powder

14. コンソメConsomme

15. ラードor豚脂、ヘッドor牛脂、加工油脂 Lard, beef tallow oil, mixture of various fats

16. アルコール Alcohol

17. ワイン Wine

18. リカー、酒類、醸造酒、焼酎 Liquor

19. 洋酒 Western liquor

20. 酒 Sake

21. 洋酒漬レーズン Raisin moistened with western wine

22. ブランデー Brandy

23. ラム酒 Western wine

24. みりん Red sake

Halal, tidak dilarang
1. 植物性ショトニング vegetables shortening

2. 植物性油脂 vegetables fat

3.植物性マーガリンMargarine from vegetables

4.乳化剤(大豆由来)Emulsifier from soy bean

Yaaa…semuanya memang terserah yaa ke masing2 orang, gw siy ngerasa lumayan mikir kalo mo bawa oleh2 berbentuk makanan, emang banyak yang bisa dimakan juga tapi kan kadang kagag spesial, kalo macem biskuit2 oreo ato ritz maah banyak di jakarta :D…

Kalo orang mikir, ribet yeee hidup, makan ini gag bole makan itu gag bole, yaa emang kalo dipikir ribet yaa ribet, kadang udah ngiler2 sama roti dari kejauhan, taunya gag bisa dimakan, apa2 musti masak sendiri, kalo mo jajan, yaa jajanan itu lagi itu lagi, sampe anak gw kalo ke supermarket udah ngambil sendiri aja snack2 yang biasa dibeliin emaknya:p…

kadang gw males baca2 lagi, nanya2 lagi ke customer service perusahaan makanan, jadi yaa makanan kecilnya kagag variatif, daripada dosa yaaa gag siy:p…

untungnya di sini itu serba informatif, kalo mo jajan ato makan di restoran kita bisa buka web-nya, ditulis deh tu masakan apa isinya apa aja, bahkan kalo nanya pun, sampe kokinya mau ngejelasin ke kita, dan gitu juga sama soal snack, tiap kita nelpon cerewet nanya2 misalnya shortening-nya apaaan, margarin-nya apaan, pasti dilayanin walopun cerewet kita sadisnya minta ampun:D…

Restoran halal di sini ada, tapi jenis2 makanan indihe gitu deh, kan gag gitu satu selera yaa sama selera nusantara:p, kalo lagi gatel pengen makan di luar, langsung *lagi* pengen pulang ke indonesia, huhuhuhuww gampang banget deh makan di negeri sendiri:D

Sekali lagi, kalo yang baca gag berkenan, yaa gag papa, kalo pun berguna kali2 mo melancong ke jepun, Alhamdulillah, setidaknya ini catetan buat kita juga siy yang masi dalam tahap belajar dan bergumul dalam kehidupan yang makanannya itu lagi itu lagi:p…

Mungkin lebih gampang kalo mo bawa oleh2 dari sini gag berbentuk makanan yaaa, kagag ribet baca2 dan tanya sana-sininya, bawa sumpit aja beli di toko cepe-an, dua fungsi tuh kan, sumpitnya caem dan bisa dipake buat maem juga, dan penting…harganya murah, hahahaha gober banged siy gw sarannya!

17 thoughts on “Info makanan halal – haram di Saitama

  1. @ reldaev: yaa akhirnya kita jd makan ayam dan sapi yg dipotong halal juga, alhasil emg jasi susah jajan deh:D

    @Edratna: mdh2an bermanfaat yaa Bu, soal makanan emg gampang2 susah di sini…

  2. daftar haram di atas ada ビーフエキス Beef extract, 鳥肉エキス、チキンエキス Chicken extract, 肉エキス Meat extract, ビーフカレBeef curry…
    semua itu dilarang…?? kenapa..?? apa ada campurannya…??

  3. @reldaev&mrsdoyi: cmiiw sepertinya bukan hewan sapi atau ayamnya yang haram tapi cara pemotongannya itu yang masih dipertanyakan apakah dipotong sesuai syariat islam atau ga.

    Jadi mungkin kembali ke pemikiran masing2 ya untuk tetap makan atau ga.

  4. Gue blom pernah ke Jepang! Pengen deh ke sana (amin!). Dulu pernah ke Cina, walhasil gue bingung mo makan apa… Ikan, bebek gue ga yakin disembelihnya gimana. Makan sayuran pun bingung dimasaknya pake minyak apa dan ditambahin arak masak ato ga. Akhirnya gue cuma makan nasi putih sama jamur, err ga tau juga sih itu jamur diapain abisnya udah mati gaya.

  5. salut…. dah jauh dnegeri org, msh peduli utk cari makanan halal.. iya ya, baru ngeh, klo dah djepang, ayam+sapi pun jd dpertanyakan khalalanny..

  6. wah nice info nih tq.. jadi malu klo inget dulu pas di nihon, asal bukan si”buta” dari goa hantu, masuk aj. Btw, skrg di jepang udah ada halal butcher kah? pas jaman saya dulu th 97 – 04 halal meatnya import dan frozen.

  7. Trims infonya mba. Kmrn adik sy br plg dr dinas k jepang n bw oleh2 ‘tokyo banana’… smpt ragu sm status halal haramnya, jd sy brosing dulu n nemu info ini… sy shate y mba…

  8. makasih ya atas infonya. aku dari malaysia, ada teman sekantor yang bawa pulang tokyo banana seperti di dalam foto kamu, terus nyariin di internet apa bisa gag dikonsumsi. jazakallah🙂

  9. Hiks.. ini juga baru dapet snack Tokyo Banana dari temen kantor, persis ama pict diatas, masih ada kardusnya pula. Akhirnya cuma jadi object foto2 doang🙂

  10. Alslam Alaikoum

    I am asking you a favor as a Muslim, can I ask if the Tokyo Banana that you have its pic up HALAL or not!
    I cannot read the language, but I really need your help..

    Amna

  11. Dalam islam.. selain haram makan daging babi dan turunannya… makan daging hewan lain ( sapi, ayam, bebek, dll ) yang tidak disembelih secara islam, dalam hal ini tidak dg bismillah, daging tersebut jadi haram juga.
    Jadi bukan karena zatnya saja, tapi cara menyembelih hewannya juga harus islami, baru halal.

    yang kedua, halal saja gak cukup, tapi harus baik ( thoyyib ), baik buat kesehatan tentunya. Halal dan thoyyib. 🙂

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s