Cantiknya Jeddah yang Bertabur Monumen

Kontributor : Jihan Davincka 

Monumen / bangunan unik dan berbau seni di sepanjang distrik faisaliyah

Jeddah memang kota metropolitan. Tapi biarpun pake embel-embel metropolitan, jumlah penduduknya belum membludak. Buktinya banyak banget lahan kosong dimana-mana dan biarpun jalanannya lebar-lebar ada aja spot kosong dimana-mana.

Nah, pemkotnya nampak kreatif nih. Dibuatlah berbagai macam monumen yang berbau sejarah dan seni di berbagai ruas jalan, perempatan, sambungan jalan, di tepian pantai gag ketinggalan, pokoknya eksis deh dimana-mana. Banyak banget jumlahnya. Mungkin ada puluhan, ato jangan-jangan ratusan nih saking ramenya monumen dimana-mana. O ya, bangunan monumen ini ada yang berupa bangunan ‘serius’, tapi banyak juga yang kecil-kecil.

Yang cukup mencolok mata tentu saja si monumen yang kerap disebut ‘Sepeda Nabi Adam’ …

“Sepeda Nabi Adam” , hasil jepretan si pops di siang bolong kala pulang berbelanja dari bawazir hehehe

Yah, sebenernya sih jelas banget ini bukan sepeda nabi adam la yaowww… tapi justru nama ini lah yang terkenal sebagai sebutan buat monumen si sepeda ontel ini. Letaknya sendiri di distrik faisaliyah (Sitten street). Konon ini adalah karya dari Julio Lafluente dari Italia. Disebut sepeda nabi adam mungkin karena ukurannya yang jumbo dan kota Jeddah ini kan disebut-sebut sebagai tempat turunnya Hawa. Apakah sepeda ini yang dipake nabi Adam untuk menemui pujaan hati di kota Jeddah? halaahhhh…. eh, mendadak jadi inget lagu Kahitna : “kukayuh sepeda kumbangku…kangen rinduuu…” hussshhh!! *OOT*.

Kalo lagi menyusuri sepanjang jalan Corniche Road, banyak banget bangunan lucu-lucu yang menarik. Di pinggir pantai tempat ngaso juga dipenuhi dengan berbagai hasil pahatan yang keren. Ini beberapa hasil hunting foto si pops kalo kamis pagi or jumat pagi😀 …

Favorit gw sendiri itu adalah lampu-lampu gede 4 biji yang berjejer rapi yang letaknya di King Abdullah Rd. Kalo siang-siang ngelewatin si ‘giant lantern‘ ini sih, gag kliatan mewahnya. Malah kaya ngeliat lampu raksasa gag terawat penuh debu (liat gambar di bawah sebelah kiri). Tapiiii…cobalah nengokin kesini pas malem-malem…. wihhhh, the giant lantern akan menunjukkan pesona maksimalnya😉 .. (liat gambar sebelah kanan).

Kiri : “Giant lantern” tampak siang (www.travelpod.com) … Kanan : tampak malam hari (www.pinktarha.com)

Yang sempet di download dari http://www.panoramio.com adalah gambar-gambar di bawah ini. Ini hasil karya user id : Julycool… emang bener-bener cool yah foto-fotonya ^_^ …. ada giant lantern lagi tuh dari sudut pengambilan yang berbeda.

Masih berendeng monumen ciamik yang ngantri di download-an folder menunggu untuk diposting hehehehe… Tapi dipilihin yang cukup unik dan emang gw suka (gag boleh protes soal selera yaow, suka2 yg mosting :P) … berikutnya deretan yang juga dicomot dari http://www.panoramio.com, ini user id nya Hessam Moosavi, siapa tuh? entah yaa, yg jelas bisa dipastikan si doi demen moto2 kayanya hehehehe….

http://www.panoramio.com by Hessam Moosavi

Nah yang ini favoritnya si Abil. Si “tangan bogem” … the fist! iya sih, keren emang yah. Ini bener-bener mencerminkan si Abil yang demen bener towel-towel orang pake bogem, maaakkk ngeri amatttt hihihihi… Aduh, jadi anak manis dikit dong Nak biar mama gag pusing minta maaf sana sini saban ada anak kecil yang mewek di acara kumpul2 ibu2 huhuhuhu… lohhh, mengapa menjadi curcolll :D…

Nah, kesimpulan…kesimpulan…kesimpulan … jadiiii…. ada berapa jumlah monumen di Jeddah? ratusan! gag pcaya? coba ke google pictures ketik : “Jeddah sculpture”, dijamin lupa mandi lupa makan liat banyaknya monumen-monumen cantik bertebaran di kota pintu gerbang menuju Makah ini :)…

7 thoughts on “Cantiknya Jeddah yang Bertabur Monumen

  1. Pingback: Corniche Road, Jeddah « Far away from homeland…Indomie's still d best!

  2. Hai Mbak,

    Saya Dian, dari Jawa Timur Saya sedang menyusun buku anak-anak, yang menunjukkan pada mereka keindahan tanah suci. Tujuan buku ini adalah, supaya anak2 punya mimpi berkunjung ke tanah suci, dan tidak hanya ingin ke Diseylanda or Universal Studio aja.

    Bolehkah saya mengambil beberapa foto dari blog Mbak ini? Tentu, saya akan mencantumkan nama blog ini dalam tiap foto yang saya ambil.

    Terima kasih sebelumnya ya Mbak.

    Salam
    Dian

    • Salam kenal mbak Dian, ih keren lho nulis buku hehehe. Boleh saja ambil foto tapi bilang2 ya mau ambil yang mana. Soalnya saya juga suka pakai referensi dari website lain (saya cantumkan di caption foto nama websitenya). Nah, kalau mau pakai foto yang bukan milik saya pribadi saya rasa itu kurang tepat jika minta izinnya ke saya😉.

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s