Seluk beluk berlalu lintas di Jeddah

Kontributor : Jihan Davincka

Medina Road (dalam kota). Source : asiaexplorers.com

Perempuan gag boleh nyetir di Jeddah! Pukulan berat neh buat kaum feminis dan bikin gerah arwah Ibu Kartini hihihihi…  Buat sebagian besar temen-temen cewe gw hal ini bikin gondok. Tapi tidak buat gw yang emang udah mengubur impian dalam-dalam kalo suatu hari gw bisa nyetir sendiri😀.

Gag bisa nyetir kog bikin postingan ini? yahhhh, kan sering jadi penumpang, hampir tiap malem lowh, gw sekeluarga berpetualang di berbagai sudut kota Jeddah. Hiburan ala keluarga irit sederhana😛. Loh emang suami gag kerja? gag capek pulang kerja? Itulah canggihnya disini, secara jarak kantor ke rumah cuma 5-10 menit. Begitu naro tas pulang kantor, suami gw dah ribut-ribut : “ayo,ayo cepet-cepet pada makan, yukkk abis ini ‘cruisin the nite’…” hiihihi, bukan gw yang semangat malah majikan gw yang gag betah tinggal di rumah. Boros bensin? ahem… cuma seribu perak seliter, kalo beli 10 sr dapetnya bisa 22-23 liter. Jadinya wajar bawaannya pengen keluar mulu, gag mau rugi booo… ditambah lagi harga mobil yang murce-murce, yuk mareeee pasang kacamata item duduk manis dalam mobil siap kemana-mana bareng pak supir!

Tapi urusan ngambil SIM bukan perkara gampang uy. Suami gw dulu sukses ngelewatin tes komputer tapi gagal di tes praktek. Jadinya tetep harus sekolah nyetir dulu selama 5 hari berturut-turut. Biaya ngurus SIM sekitar 500 – 1000 sr (sekitar 1 – 2 jutaan). Katanya bisa nembak tapi jarang sih dan harus hati-hati kalo ketangkep kan gag lucu. Uniknya gag ada batasan umur loh dalam menyetir. Siapa aja marilah kemari, asal lulus tes mengemudi yang 2 macam tadi. Makanya gw agak shock ngeliat anak kecil kira-kira umur 12 ato 13 tahun nyetir mobil, nampaknya lagi nganterin ibunda tercinta. Tapi iya juga sih, aturan ini relevan dong ya karena perempuan kan gag boleh nyetir, gimana kalo di rumah gag ada laki-laki dewasa?

Seperti kota metropolitan pada umumnya, Infrastruktur jalanan-jalanan utama di kota Jeddah itu pada umumnya lebar-lebar dan dibikin megah. Jalanannya mulus-mulus. Jalanan underpass nya juga boros listrik tuh kata gw. Kalo malem-malem lewat terowongan gitu, silaaaauuuuuuu…. TItik-titik kemacetan gag terlalu banyak. Paling Madinah Road (dalam kota) yang sering banget macet atau daerah Tahlia di sore dan malam hari. Tapi percayalah, macetnya jalanan di Jeddah masih jauh lebih jinak dari Gatsu + Mampang nya Jakarta pas pulang kantor hehehehe…

Hasil jepretan Pak Supir gw looowwhh *twinkTwink*

“Terserah orang arab mau nyetir seenak udelnya, yang penting disini gag ada motor!” begitu slogan supir pribadi suami gw kalo gw tanya seberapa parah si orang-orang arab kalo bawa mobil? No offense nih, emang suami gw waktu di Jakarta sering banget bete gara-gara ulah pengendara motor. Terutama kalo mereka rame-rame nutup jalan dari arah yang berlawanan. Emang sih enaknya motor bisa nyelip-nyelip tapi kadang nyelipnya bisa ampe puluhan motor hehehehe…. yah kalo gw sih gag ada masalah, kan tinggal tidur menghibur pak kusir yang sedang bekerja pak ‘supir’ hahahahahaha….

Soal orang arab kalo nyetir males liat kiri kanan, nyalip seenaknya, gag usah terlalu khawatir. Jalan-jalannya lebar kog, bisa tersedia 4-5 jalur untuk arah yang sama. Yang penting kita jangan ikut-ikutan ngotot, dan sekarang sudah ada peraturan baru mengenai batas kecepatan maksimum. Dendanya sadis loh kalo sampe melampaui batas kecepatan hehehehe… Kalo dalam kota sih emang bisa menyetir dengan imut dan manis, tapi kalo udah di tol menuju luar kota kan sepi…. gag tahan kalo gag injek gas dalem-dalem :P…

Selain tol nya semua gratisssss, jalanannya lurus, mulus, dan lebar. Bayangin aja nyetir ke Madinah, jalanan luruuuuuus aja sepanjang 400 km, sepi pulak. Makanya 2x sudah suami gw kena tilang karena melanggar batas kecepatan di tol Madinah Road ini hehehehehe…. sekali denda 300 sr. Serius abis nih pemkot nya, banyak kamera yang siap menjepret para pengemudi nakal.

Makanya sebenernya disini jarang ada mobil yang keserimpet ato kesenggol. Tapi kecelakaannya emang sadis-sadis. Bisa penyok abis-abisan mobilnya. Ya, gara-gara pada gag sabaran dan suka ngebut. Tapi biarpun orang-orang timur tengah itu rata-rata dikenal bertemperamen tinggi jarang ada yang adu jotos di jalan. Paling mereka ribut-ribut sebatas mulut doang, kalo berantem disini ditangkep pak Polisi cuy! Dan kalo mau klaim asuransi mesti dapet surat keterangan dari polisi lalu lintas. Makanya kalu lecet-lecet dikit sih jangan harap bisa klaim huhuhuhuhu…. dicuekin ama pak polisinya :P…

Soal parkiran juga mantap. Gratis (hampir) dimana-mana, tapi di Balad gag gratis, makanya males ke Balad hahahahaha….  gag macet? tergantung, kalo di jalanan yg sempit bisa memicu macet, kalo di jalanan gede, gag ngaruh kog ^_^. Di mal-mal parkiran luas dan gratis. Tapiiiiiiii…. itu orang-orang arab kalo parkir rata-rata seenaknya. Bayangin ya, sering banget parkiran yang harusnya buat 3 mobil dipake buat 1 mobil! Parkir mencong-mencong dan malah horisontal saking malesnya banting setir *tepokJidat*. Maklum disini gag ada tukang parkir booo…

Dan seperti yang pernah disinggung di postingan tentang Tahlia Street, jalanan-jalanan di kota Jeddah ini jadi kaya parade mobil mewah. Showroom mobil-mobil mewah juga tersebar dimana-mana. Mungkin karena disini tidak mengenal kata ‘PAJAK’ jadinya harga mobil emang dahsyat murahnya. Kira-kira bisa lebih murah 30-50% dari harga mobil di Jakarta. Nah, kalo di compare lagi ama gaji disini, yuk mareeeee….  hahahahahaha…. Makanya gag usah heran kalo para ekspat asal Indonesia di timur tengah banyak yang bermobil ‘besar’ (truk gitu? hihihihi). Murah ciiinggg ^_^ … terus kenapa situ tetep pake yaris dong? kan kami ini keluarga pelit sederhana😛. Biarpun gag mungkin bisa membujuk majikan buat beli mobil yang seperti gambar di bawah ini nihhh, tapi yah cukup puas lah papasan hampir tiap malam di gemerlapnya jalanan kota Jeddah :)…

HUMMER ciiiingggg….. *norak*

Overall, kalo anda datang dari negara-negara maju seperti Eropa, Amerika, atau Australia pasti gigit jari kalo liat suasana lalu lintas di Jeddah. Tapi kalo datengnya dari Jakarta, jangan belagu ah mas :D… kan banyak juga temen-temen suami gw yang mengeluh soal lalu lintas di Jeddah ini. Awas loh, ntar dikirim pulang ke Jakarta hahahahaha….

Apaan sih daritadi nyepet Jakarta melulu, gag papa dong, gw kan asalnya dari kota Makassar hahahahahaha… engga deng ^_^ … kan biarpun begitu : “Ke Jakarta aku kan kembali huo huo huo… walaupun apa yang kan terjadi” … errr… jadwal mudik masih sebulanan lebih lagi yah … (langsung lemes lagi). Ini nih yang namanya cinta buta kali ya hahahahahaha….

8 thoughts on “Seluk beluk berlalu lintas di Jeddah

  1. haaaa jadi inget *againnn…moga2 elu gak bosen sama gw ya Ji yg selalu always coment ttg JED*
    di coumpound jg ada tuh penyewaan taxi limo n mobilnya emang keren2 dah, gw sampe memohon mohon biar dibolehin nyetir cuma keliling coumpond *scr stir kiri bok* tp gak digubris sama mereka.. Malah mereka bilang gini ‘boleh aja elu nyetir mobil di dalam coumpond, mau mobil yg Porsche atau Maserati, cuma elu harus buka jilbab di dpn gue’..dasar bahlulll…:DD

    • hahaahahaaha… gatel aja dah supir taxi😀. Gag bosen kog Ita😉. Btw, blom kesampean maen ke compound😦. Balik lagi Ita kesini :P…

  2. mau banget Ji.. Scr lowongan jd pramugari haji msh butuh orang nih.. Cuma gw gak tega ninggalin anak gw.. Udah gitu gak ada mba, mertua gw juga lg nungguin ipar gw yg lg hamil n pendarahan, n nyokap gw lg nungguin nenek gw yg udah sepuh… Hfff..banyak hal yg memberatkan untuk pergi.. *ya ampyuunn kok curcol yak Ji..* insyaAllah kl gw ke Jeddah gw kabarin elu yakk… *jiaahhh kesannya ke Jeddah kyk ke Blok M*

    • yah mudah2 an elo kesininya sebelum gw melipir dari sini yah hehehehehe… amin,amiiinnnn, dan kalo bisa tinggal di compound lagi yak, party-party nanti kita…halaaahhh😀

  3. waaaaaaaaa ada mobil impian gue sejak SD nongkrong dimari hiks..hiks… btw buat apa ya punya hummer tapi ga bisa nyetir huks huks…..

Silahkan berkomentar

