Bangalore, Kota IT dan Kota Terhijau di India

Ditulis oleh : Relda Verma

Setelah 4 tahun menikmati nyamannya Malaysia rasanya seperti disambar petir disiang bolong disaat suami bilang kita pindah lagi ke India bulan depan…Gubrrakkk…. Berbagai cara ditempuh untuk membuat suami membatalkan niatnya tapi apadaya do’i punya pemikiran yang lebih rasional. Ketimbang gue yang lebih mengandalkan emosi. Daaaannnn …. hasilnya jatuh cinta juga tuh ama Bangalore🙂.

Bangalore sangat berbeda dengan kota lainnya di India, apalagi New Delhi. Dulu karena pernah bermukim di New Delhi jadi tau bener disana gimana yang kalau musim dingin sampe nol derajat Celcius dan kalau musim panas gak tanggung-tanggung sampai 48 derajat. Terus hujan bisa dihitung dengan jari dalam setahun jadi wajar donk kalau gak senang banget pas suami ngajakin balik ke India lagi. Experiencing another year in India? haduhhh tak terbayangkan :(….

Bangalore garden city

Kota Bangalore (sekarang dirubah jadi Bengaluru) terletak di India bagian Selatan dan dikenal dengan Garden City karena banyaknya taman dan pepohonan yang berada ditengah kota. Juga banyak kita temui hutan yang dilindungi yang berada ditengah kota. Musimnya pun hanya ada dua musim hujan dan musim panas, pokoknya sama dengan Indonesia. Tetapi suhu terendah di bulan Desember berkisar 15 derajat (lebih rendah dari Jakarta) dan suhu tertinggi sekitar 36 derajat.

Selain dikenal dengan Garden City Bangalore dikenal juga dengan istilah IT City karena perusahaan IT India terbesar bermukim disini. Antara lain Infosys, Wipro dan HCL. Banyak perusahaan raksasa dunia menggunakan jasa IT dari perusahaan tersebut maka tidak heran jika orang asing banyak bertaburan disini. Bahkan perusahaan raksasa tersebut mulai melebarkan sayapnya ke bagian design aerospace dan hardware lainnya tidak lagi hanya menawarkan jasa IT saja. Selain itu perusahaan IT, Amerika pun mempunyai kantor di Bangalore antara lain Google,Yahoo, IBM, HP,Oracle, Cisco, Microsoft, dll.

Google Street View cars Bangalore (source : computerworld.com)

Yang bikin gw jatuh cinta dan walopun gak penting banget alasannya karena gampang banget nemuin sere, kemangi, daun jeruk, kelapa muda bertaburan di pinggir jalan jadi bisa buat klapetart, banyak pula ragam kerupuk-nya pokoknya hampir semua yang gw butuhin ada. Kalau mau masak western food?…. gampanggg…..tinggal pilih mau supermarket yang mana…hihihi..dasar emak2 yeee :P…

Dunia hiburan pun kayaknya lebih OK disini karena kemarin sempat ngelewatin Hard Rock Café dan sering baca dikoran juga banyak pub hiburan malam seperti di Jakarta,tapi gak ada yang sampai pagi seperti di Jakarta..batas maximum hanya sampai jam 11 malam.

Menurut suami orang-orangnya pun lebih ramah dan helpful ketimbang orang dari India bagian lainnya. Tidak heran jika sekali orang dari bagian India manapun mendapatkan perkerjaan disini maka mereka akan memutuskan untuk tinggal menetap disini. Tapi tentu tidak bagi gw pribadi karena

seenak-enaknya tinggal di negeri orang masih lebih enak di negeri sendiri kan, setuju gak para ibu?

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s