Fasilitas Daycare di Bergen

Kontributor : Afifi Rahmah Muluk (written ‘n edited by : Jihan)

Gue sudah pernah mendongeng tentang cerita melahirkan anak pertama di Bergen ini. Nah, karena dapet cutinya setahun (dan ehem… tetep dapet gaji :P), jadi gag ribet mikirin masalah penitipan anak pas Nadiyya masih bayi.

Naaaahhh, cuti setahun habislah sudah dan saatnya angkat laptop kembali ke kantor. Bingung kah harus ninggalin anak ke siapa saat harus kerja dan suami pun masih bersekolah? Thank God, hal kayak gini-ginian sudah diatur sedemikian rupa oleh pemerintah.

Karena baby sitter disini jatuhnya mahal, susah dicari / jarang tersedia (tipikal negara tajir :P), maka setelah cuti ibu bekerja selesai, anak mulai setahun di’sekolah’kan atau dititipkan ke sekolah selama orang tua bekerja. Dalam bahasa norway namanya “Barnehage”. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa inggris artinya : kindergarten. Jadi dianggap TK bukan cuma penitipan anak saja.

Sekolah Nadiyya yang atap merah ituuuu...

Di barnehage ini anak mulai bisa sekolah dari umur 1-5 tahun. Nama barnehage nya Nadiyya adalah Solbakken, cuma 3 menit dari rumah jalan kaki😉.

      • Jadi kalau di Indonesia jaman gw masih kecil dulu mulai TK umur 4 atau 5 (sekarang 2 tahun juga udah mulai disekolahin ya). Tapi kalau disini umur 1 thn dan waktunya lebih lama karena emang fungsinya sekaligus menitipkan anak selagi orang tua bekerja.

Kebetulan karena gue bekerja, Nadiyya mulai sekolah umur 13 bulan. Waktu itu gue pikir sekolah baik buat Nadiyya supaya bisa bersosialisasi juga. Terutama kalau temen-temen di kelasnya lebih tua umurnya. Nadiyya kan jadi bisa mencontoh perkembangan temen-temennya.

Hari-hari pertama Nadiyya sekolah🙂

Barnehagenya buka dari jam 07.30 – 16.30. Lama yah? Kan sekalian fungsinya menjadi penitipan anak. Kalau gue sih alhamdulillah suami sekolah jadi waktunya lebih fleksibel, Nadiyya di sekolah mulai dari jam 09.30 – 15.30. Kadang-kadang malah lebih pendek lagi waktunya. Masih lama yah? Yah beginilah nasib gak punya baby sitter dan jauh dari keluarga ^_^ ….

 Umumnya sih barnehage itu terdiri dari 4 kelas. Kelas 1 anak usia 1 – 2 thn, kelas 2 anak usia 2 – 3 thn, kelas 3 anak usia 3 – 4 tahun dan kelas 4 anak usia 4 – 5 tahun. Nah ‘kurikulum’ tiap kelas beda-beda pastinya. Oiya, gurunya Nadiyya namanya Beata. Dan anak kecil yang dipangku oleh Miss Beata itu namanya Synniva (2 th), temen sekelasnya Nadiyya🙂.

Barnehagenya sendiri gak gratis loh, harganya sebulan sekitar 2200-3000 nok (itu sekitar 3jt-4.5jt sebulan). Wow…kelihatannya mahal juga yaaa, dibandinginnya sama pendapatan rata-rata warga yang hidup di Norway yah hehehehe😉. Siapa pun bisa daftar. Tapi biasanya penuh terus antriannya. Enaknya sih kalo orang asing diprioritaskan😀.
So far Nadiyya betah sih di sekolahnya :)… Ini foto Nadiyya siap-siap pergi ke sekolah dianter sama Ummi ^_^ ….

3 thoughts on “Fasilitas Daycare di Bergen

  1. enak juga yah cuti melahirkannya satu tahun, setelah itu bisa kembali bekerja🙂 btw, si nadiyya suka sekali ke sekolah sepertinya. selalu tersenyum😀

  2. Hai Irma dan Fety, Afifi nya lagi mudik ke Indonesia kayaknya, sibuk jajan juga kali dia jadi lom sempet komen-komen disini😀. Ini gw mewakili hihiihihi… sok penting aje deh gw😛 …

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s