Belanja di Al Balad, Serasa Berbelanja di Indonesia

Kontributor : Jihan Davincka

Corniche Commercial Center … source : panoramio.com

Kalo yang umroh/haji an pasti kalo urusan belanja-belanja di Jeddah, ama travel nya diajakin ke daerah Balad ini. Balad ini sebenernya distrik Al Balad maksudnya, sedangkan tempat belanja yang terkenal itu adalah Corniche Commercial Center dan sekitarnya.

Ini agak-agak mikir ya mostingnya, secara ini mama irit jarang bener belanja-belanja ke Balad (dan tempat belanja lainnya hihihihihi). Kepikiran mosting ini gara-gara kemaren nemenin tante (yang kebetulan lagi umroh dan ketemuan di Jeddah) belanja ke Balad.

Kalau ke daerah Balad ini emang bakal sering banget papasan ama orang Indonesia, tapi lebih banyak lagi orang Filipina. Dan jangan heran kalo para penjual disini rata-rata fasih berbahasa Indonesia biarpun asalnya bukan dari Indonesia. Ketauan yeeeee, yang sering berfoya-foya disini ya orang Indonesia😛.

Toko-tokonya pun pake nama-nama yang provokatif kayak : “Toko Ali Murah”, “Toko Gani Murah”, “Toko Noor murah”, “Toko Kamal Murah”, dll. Dan yang jaga toko juga kreatif ya booo… kirain mereka taunya cuma manggil-manggil pelanggan “Siti rohmah, ayo belanja” … terakhir gw kesana mereka udah ganti panggilan : “Ayo bunda cantik, bunda cantik, mampir bunda cantik” hahahahahaha…. jadi saban ada jemaah umroh perempuan asal Indonesia yang lewat (keliatan dari seragamnya :P), yang tua maupun yang muda, langsung kena rayuan ‘maut’ tadi. Bisa aje😀. Tapi percayalah harga-harga yang ditawarkan si ‘Toko X Murah’ ini sama sekali gag murah😉.

Toko Ali Murah (source : flickr.com)

Info paling hits adalah gw baru tau kalo belanja disana bisa pake rupiah! Jadi gag usah cape-cape nuker riyal loh. Memang gag di semua gerai mau, tapi pada umumnya bisa ternyata.

Jualan apa aja sih disini? Macem-macem boo.. Mulai dari oleh-oleh khas saudi seperti : kurma, sajadah, coklat-coklat an, kue-kue an, dsb. Barang-barang elektronik juga banyak. Jual emas dan berbagai perhiasan juga ada. Temen-temen gw juga bolak balik kesini buat beli abaya. Parfum pun banyak, mulai dari yang asli sampe yang KW kesekian. Tas-tas pun juga begitu. Tapi barang KW disini gak semeriah dan seheboh kalo di Indonesia sih ya hehehehehe…. Haram yaaaa ibu-ibu hukumnya pake barang KW :P…

Ampe gw bikin paragraf baru nih saking banyaknya jenis jualan disini😀. Ada juga gerai-gerai original seperti Crocs, Giordano, Casio, dll yang ‘berani’ buka lapak disini. Dijamin asli kog. Supermarket juga ada. Khaled Bawasir ada loh di Balad, cuma gag sanggup kalo beli-beli di cabang yang sini, ruameeeeeeeee sangat! Terus ada juga swalayan-swalayan yang lain. Jual beli pulsa juga komplit, kayak mangga dua aja nih. Beberapa orang mengasosiasikan dengan Tanah Abang, tapi kalo buat gw pusat perbelanjaan di Balad ini lebih nyaman dan gag terlalu banyak senggol-senggolan hehehe…

Tempat jajan Indonesia juga rame disini. Ada rumah makan Rasela dengan berbagai macam menu nasi goreng, sop buntut, ikan/ayam bakar/goreng, gado-gado, mie ayam, bakso, aneka jus, dan di rak deket pintu depannya juga jualan snack khas lokal Indonesia. Ada juga rumah makan Garuda, belom pernah kesini sih, tapi konon disini juaranya mie ayam. Dan tentu saja si bakso Mang Oedin. Aduh, gw pribadi sih gag terlalu suka ni tempatnya. Terbuka soalnya jadi berangin banget, gag leluasa kalo bawa anak-anak kecil. Mana menurut gw baksonya terlalu berminyak dan gag terlalu enak, oiya, mereka juga nyiapin menu lain seperti nasi goreng, tapi sumpe deeehh, rasanya juga gag enak.

Lapak Mang Oedin (source : locr.com)

Pokoknya kalo mau dapet harga oke ke Balad sebaiknya seragam umroh nya tinggalin di hotel aja, pinjem abaya item siapa gitu hehehehehe… Disangkanya kalo jemaah umroh gag tau harga dan biasanya emang gag punya pilihan tempat lain buat belanja, keterbatasan waktu kali yah. Dan kelebihannya Balad ini karena penjualnya memang rata-rata fasih berbahasa Indonesia😉. Tempat lain banyak loh sebenernya yang lebih murah tapi ya gitu…. lokasinya kurang terkenal dan dijamin gag ada yang bisa berbahasa Indonesia😛.

13 thoughts on “Belanja di Al Balad, Serasa Berbelanja di Indonesia

    • Gag tau juga tuh pihak travel nya… apa karena balad mungkin lokasinya enak sih, deket dari hotel-hotel tempat nginep para jemaah haji/umroh. Dan karena dari tahun ke tahun orang Indonesia rame yang kesini jadi penjualnya bela-belain belajar bahasa indonesia hahahahahaha…. ke tempat yang asli arab ada juga sih Rel, cuma gw lom perna kesana sendiri, rempong bawa2 bayi hehehehe, ntar lah kalo udah kesana gw tulis liputannya *saelaaahhhh* :D….

  1. yg gw heran di balad ni lumayan jorse ya, sampah betebaran di mana2… Tapi salut deh nggak bau pesing, gak ada yg berani kali ya p*p*s sembarangan..hehehe*comment gak penting bgt*

    • Iyaowww, agak-agak jorse sih…. tapi lumayan lah, bener kata lo, yg penting gag nebarin bau busuk😛 … gw jarang booo kesini, dan resto Indo yang di Balad juga gag ada yg gw suka sih😀

  2. Pingback: Memborong Pashmina Grosiran di Bab Shareef « Far away from homeland…Indomie's still d best!

  3. bener banget ALI MURAH memang sbnrnya gak murah tuh.. kmrn sm pembimbing kami diajak ke pasar grosir buah2an katanya namanya kakkiya..kurma madu 1kardus 30riyal isi 3kg .. nah pas di ali murah iseng nanya ternyata dia jual harga 90riyal/kardus..berat nya sama 3kg juga..kardus nya pun sama persis😀,, alhamdulillah kmrn sempet beli 2kardus di kakkiya..hehehe gak rugi deh

    • Mungkin karena posisi Corniche Commercial Center Balad yang cukup strategis makanya terkenalnya tempat ini. Pada umumnya jemaah haji dan umrah kalau transit di Jeddah, penginapannya pasti seputaran Balad situ hehehe…

  4. Assalmaulaikum…salam kenal ya..aku tinggal dijeddah juga..ga ada temen org indo. :(:( mau bertemankah dgn saya..

    +966560628068

    Sms ya mba or giv me pin ВВМ™ ..°♡♥τ̣̣̥нänκчöü♥♡° so much

    Novika🙂

    • W’alaikumsalam. Halo, Mba Novika!
      Ini yg harusnya jawab Mbak Jihan ya, tp sepertinya dia belum ol😀
      Mba Jihannya sendiri udah pindah, say. Dia udh ga di Jeddah lg. Tp mungkin dia bisa bantu follow up ke temen2nya yg masih di Jeddah.
      Kita tunggu ya jawaban dr Mbak Jihannya🙂

      Salam hangat dari Kurdistan

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s