Keliling Museum di London, Yuk!

Ditulis oleh : Rizka Maydita

London terkenal sebagai salah satu kota termahal di dunia. Tapi berkunjung ke berbagai museum yang ada di kota ini sebagian besar tidak dipungut biaya.

Mungkin banyak orang yang masih mengidentikkan museum dengan tempat berdebu guna menyimpan benda-benda jaman dulu. Bagi mereka, museum mungkin bukanlah tempat yang menarik.

Tapi di London, selain bikin jalan-jalan makin hemat, mengunjungi museum di kota ini dijamin menggugah inspirasi, imajinasi, dan wawasan para pengunjugnya. Selain terkenal dengan koleksinya, museum-museum di London juga terkenal karena bertempat di dalam bangunan dengan keindahan arsitektur kuno yang masih terawat dengan baik.

Berikut tiga museum di London yang wajib dikunjungi:

  1. British Museum

 Koleksi berbagai peninggalan bersejarah dari era Mesir kuno, kekaisaran Romawi, sampai imperialisme Cina disimpan dalam kotak-kotak kaca transparan di museum ini. Tidak ketinggalan benda-benda purbakala dan reruntuhan dari jaman kejayaan peradaban Islam di Timur tengah, suku Inca di Amerika, hingga artefak dari kerajaan di Indonesia.

 Di museum inilah Saya akhirnya bisa melihat indahnya ukiran patung dewa-dewi Yunani dan Romawi yang masih terawat dengan baik, padahal patung-patung ini ditemukan sejak era Byzantium beratus tahun yang lalu. Betapa detailnya bentuk pahatan yang dihasilkan mulai dari ujung kepala, sampai liukan pinggang dan jari kaki.

Belum habis rasa kagum Saya, memasuki lantai atas museum, tersimpan mumi dari jaman Mesir kuno lengkap dengan peti mati kayu dengan ukiran wajah mumi. Di tempat ini, Saya seolah-olah dibawa berkelana mengikuti kisah hidup sang mumi, sebelum akhirnya jasadnya diawetkan, dan ditemukan oleh para arkeolog dari Inggris.

Tidak hanya ahli sejarah yang akan jatuh cinta melihat berbagai koleksi di museum ini. Semua koleksi ditata dengan apik, lengkap dengan keterangan seputar penemuan benda-benda zaman purbakala tersebut.

  1. Natural History Museum

Museum ini terletak di daerah South Kensington, London yang terkenal cantik dengan deretan bangunan kuno yang masih kokoh dan terawat. Didalamnya, replika fosil dinosaurus sepanjang 32 meter di pintu masuk utama langsung mengundang decak kagum pengunjung. Susah sekali mengambil foto fosil hewan purbakala ini karena banyak pengunjung yang berdiri terpana disekitar fosil raksasa.

Untuk pertama kalinya Saya merasa bersyukur hewan purbakala ini sudah musnah dari bumi. Kalau tidak, mungkin tidak akan ada manusia yang bisa hidup bersama hewan berukuran raksasa seperti dinosaurus.

Di tempat ini pengunjung juga bisa membaca kisah lengkap asal muasal hingga kepunahan dinosaurus. Mereka juga bisa melihat ukuran replika telur raksasa dan berbagai model dinosaurus yang seolah-olah masih hidup, karena mereka bisa bergerak sendiri!.

Selain dinosaurus, museum ini juga menampilkan berbagai model dan kisah tentang hewan, tumbuhan, hingga galeri seputar penemuan geologi seperti batu-batuan dan mineral di bumi.

  1. Science Museum

 Bangunan bertingkat lima ini letaknya bersebelahan dengan Natural History Museum. Disini pengunjung bisa melihat sekitar 300 ribu hasil evolusi teknologi, dari jaman mesin uap James Watt, mobil dan mesin jet pertama, hingga robot dan roket hasil teknologi terkini.

Bagian penjelajahan ruang angkasa adalah salah satu yang banyak meyedot perhatian pengunjung.  Riwayat penjelajahan luar angkasa, lengkap dengan kisah dan kostum astonot ternama, serta replika Apollo 11 yang mendarat di bulan bisa ditemukan disini.

Apollo 11 (source : http://www.pbase.com)

Di museum ini juga terdapat bioskop 3 dimensi dan tempat bermain anak. Asyiknya, tempat bermain ini dibuat sangat interaktif, sehingga anak bisa bereksperimen dengan berbagai kecanggihan ilmu dan teknologi.

Kalau lelah berkeliling museum, pengunjung juga bisa bersantai di restoran atau toko suvenir di dalam museum. Jadi kalau sedang di London, jangan lewatkan untuk menyempatkan diri ke museum-museum kelas dunia ini.

One thought on “Keliling Museum di London, Yuk!

  1. Wah enak banget ya..udah sarat ilmu gratis pula….mendingan masuk ke museum kayak gini daripada masuk ke Universal Studio..dah mahal gak dpt ilmu lagi…

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s