Menyaksikan Pergantian Pengawal Ratu Inggris di London

Ditulis oleh : Rizka Maydita

London terkenal sebagai salah satu tujuan wisata paling populer dan termahal di dunia. Tapi banyak juga event-event historik yang terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Salah satunya adalah pergantian pengawal Ratu Inggris di depan halaman Istana Buckingham dan pasukan berkuda di Horse Guards Parade.


Tradisi untuk menjaga tempat tinggal Ratu Inggris ini sudah ada sejak jaman Henry VII di abad ke-14. Jika Sang Ratu sedang berada di istana, maka empat orang pengawal akan menempati pos penjaga di depan halaman Buckingham. Namun jika Ratu sedang tidak berada di istana, maka hanya dua orang pengawal yang berjaga.


Para pengawal Ratu yang berjaga di depan Istana Buckingham ini adalah bagian dari tentara Inggris. Selain menjunjung tradisi kejayaan Britania di masa lampau, mereka juga turut mengemban tugas sebagai tentara professional Inggris yang beroperasi di seluruh dunia.

Upacara pergantian pengawal Ratu Inggris di Istana Buckingham dilakukan setiap hari mulai pukul 11.30 dan berlangsung sekitar 45 menit. Sekitar 20 pengawal berangkat dari barak prajurit yang terletak dekat istana menuju halaman depan Buckingham.

 Asyiknya, prosesi ini turut diiringi grup marching band prajurit Inggris yang juga berseragam jas militer merah, lengkap dengan ciri khas topi hitam dari kulit beruang atau bearskin. Musik yang dimainkan tidak hanya lagu-lagu militer yang sering dipakai baris-berbaris, tapi juga lagu-lagu pop kenamaan.
Tidak heran, pengunjung yang umumnya sudah datang menunggu dari pagi, langsung terhibur mendengar unjuk kebolehan marching band Sang pengawal Ratu Inggris. Beberapa diantaranya bahkan ikut bernyanyi sambil asyik memotret aksi pasukan istana.
Sejak tahun 1959, pos penjaga ditempatkan di dalam halaman Istana Buckingham. Jadi para pengunjung tidak bisa berfoto disamping Sang Pengawal Ratu.

Pengawal Berkuda di Horse Guards Parade

Kalau ingin berfoto dengan pengawal berkuda Ratu Inggris, pengunjung bisa jalan kaki ke Horse Guards Parade yang letaknya sekitar 10 menit dari Istana Buckingham.

Disini pergantian pasukan berkuda berlangsung setiap hari mulai pukul 11.00 dan pukul 10.00 pada hari Minggu, namun prosesinya tanpa diiringi marching band seperti di Buckingham. Tradisi ini sendiri sudah berjalan selama tiga setengah abad sejak jaman Charles I berkuasa.

Prajurit yang bertugas merupakan bagian dari Household Cavalry Mounted Regiment atau resimen pasukan berkuda Inggris. Ada dua bagian dari resimen berkuda ini, The Life Guards, yang terkenal dengan seragam militer merah hitam dan topi baja berjambul putih, serta The Blues and Royals dengan jas biru tua dan topi baja berjambul merah.

The Life Guards berparade dengan kuda dari barak prajurit di Hyde Park Corner dekat Istana Buckingham menuju Horse Guards Parade. Disana The Blues and Royals lengkap dengan kuda hitamnya sudah berbaris menunggu kedatangan mereka. Setelah itu kedua prajurit ini saling berhadap-hadapan sambil menunggu pergantian pengawal di dalam Horse Guards Parade.

Horse Guards Parade sendiri dulunya adalah pintu utama menuju Istana Buckingham. Karena itu pasukan pengawalnya siap siaga di depan gerbang lengkap dengan kuda dan pedang di sisi kanan.

Satu hal penting yang wajib dicermati adalah papan peringatan yang ditempatkan disamping pos penjaga. Tulisannya BEWARE – HORSES MAY KICK OR BITE! THANK YOU. Jadi kalau lagi asyik berpose, hati hati saja dengan kuda sang prajurit yang bisa menendang atau menggigit.

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s