Mengenal Makanan Pokok dari India

Ditulis oleh : Relda Verma

Sebelum berkenalan dengan si papa mana pernah tertarik dengan makanan India ngebayanginnya aja udah mules hihihi…. Baru setelah dia mengadakan kunjungan pertama ke Indonesia (masa pacaran) sibuk cari-cari informasi dimana ada restoran India. Beruntung di Jakarta ada pasar baru jadi ide pertama waktu itu bawa ke pasar baru aja😛, tapi akhirnya nemu juga waktu itu ada restoran India di Sarinah, gak tau sekarang masih ada gak.

Lanjut cerita sewaktu melihat menu waduh gak ngerti mana yang enak, terserah aja deh. Pas pesanan datang waktu itu mengajak teman tercintaku juga bernama Putri, kita tertawa ngakak melihat makanannya soalnya ada satu makanan belakangan baru tau namanya Bhatura, gede banget… bingung gimana makannya, yang ada waktu itu kami tertawa terus sambil makan😀.  Teman saya  sampai serius banget minta difoto ama Bhatura tadi.

Makan Bhatura di Jakarta

Yah, Bhatura tadi hanya salah satu dari berbagai jenis makanan pokok di India. Selain nasi orang India mempunyai makanan pokok yang terbuat dari berbagai tepung, mari kita lihat satu persatu:

Homemade Chapati

 Chappati: juga dikenal dengan sebutan roti. Chappati terbuat dari tepung atta, mungkin dalam bahasa Indonesia dikenal dengan tepung gandum gak pasti juga karena cari di kamus gak ada terjemahannya dari tepung atta. Chappati lebih sehat dari nasi karena kandungan energinya lebih tinggi dibandingkan nasi dan  mengandung serat yang sangat tinggi. Cara pembuatannya pun sangat mudah hanya tepung atta dan air kemudian di uleni lalu di panggang, sehat bukan? Ini merupakan makanan pokok kesukaan saya sekarang karena pastinya bisa membuat saya tetap langsing😛. Kami sekeluarga pun mengkonsumsi chappati setiap  dan umumnya orang india bagian utara lebih banyak mengkonsumsi chappati daripada nasi.

Paratha

Paratha: terbuat dari tepung atta juga hanya cara memasaknya agak berbeda dengan chapatti yaitu dengan dipanggang dan diolesi sedikit minyak. Jenisnya pun bermacam-macam ada egg paratha, cheese paratha, potato paratha, dll. Paratha merupakan menu favorit para ibu untuk bekal anaknya kesekolah.

Homemade Puri

 Puri: terbuat dari tepung atta juga tetapi proses pembuatannya berbeda. Puri tidak dipanggang tetapi di goreng, rasanya memang lebih enak dari chappati tetapi tentunya chappati lebih sehat karena bebas minyak. Kedua anak saya pun menyukai ini.

Bhatura: terbuat dari campuran tepung atta dan tepung terigu, yogurt, dan dipasaran biasanya memakai baking soda supaya mengembang saat di goreng. Di rumah tidak pernah membuat karena selain tidak tahu juga agak susah membuatnya.

Bhatura

Naan

 Naan: bahan dasarnya terbuat tepung terigu, telur, backing powder dan susu. Naan hanya terdapat di restoran saja karena proses pembuatannya agak susah. Naan pun banyak variasinya, ada butter naan, garlic naan atau sesame naan. Harganya pun paling mahal dari yang lain.

Dosa: terbuat dari beras dan kacang urad. Proses pembuatannya memakan waktu yang lama. Beras dan kacang urad harus di rendam dahulu sekitar 5 jam kemudian di blender lalu dibiarkan mengembang selama 10-12 jam dan membutuhkan hawa yang panas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kemudian dipanggang dengan sedikit minyak seperti membuat martabak. Variasinya pun banyak jika kita makan di restoran. Ada masala dosa (masala = spicy), butter dosa, cheese dosa, dll. Dosa ini pun merupakan pilihan favorit kami jika ke restoran dan para turis pun sangat menyukai ini. Gara-gara kepikiran mau nulis ini jadi niat deh minta permisi buat motoin si bule ini waktu ngeliat dia makan dosa.

Idli: bahan dan cara mempersiapkannya sama dengan dosa hanya proses masaknya saja lebih sehat karena dikukus. Bentuknya seperti bapkau yang digepengin.

Idli

Roti Canai

Roti canai; terbuat dari tepung terigu dan minyak atau butter.  Roti ini banyak tersedia di berbagai restoran India di Malaysia dan Singapore mungkin di Indonesia juga. Roti ini tidak terlalu favorit buat masyarakat india disini karena hanya terbuat dari tepung terigu. Roti ini pun banyak jenisnya, seingat saya ada roti tissue, roti canai egg, dll.

Semua makanan pokok diatas dimakan dengan berbagai jenis kari India baik berbentuk kari daging, dhal (kacang-kacangan) atau sayuran. Yang tadinya gak doyan makanan India lama-lama jadi sangat suka bahkan banyak teman orang Indonesia yang udah jago makan bawang mentah juga lho :D…

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s