Nonton Australia Open Tennis Championship

Ditulis oleh : Winny Wulandari

Melbourne, salah satu kota besar di Australia, adalah sport capital-nya Australia. Melbournian, sebutan orang-orang yang tinggal di Melbourne, cukup “gila” dengan olahraga. Bahkan, ada yang menyebut kalau sport udah jadi salah satu religionnya orang lokal di sini. Event olahraga pun diselenggarakan sepanjang tahun. Mulai dari Australian Open Tennis Championship di awal tahun, Cricket, Rugby, Footy (Australian Football League, olahraga lokal semacam football di Amerika), F1, MotoGP, hockey, golf, dll. Sepakbola/soccer juga ada, namun pamornya kalah riuh dengan olahraga lokal.

Untuk nonton pertandingan2 olahraga tersebut, penonton mesti mengeluarkan uang yang ngga sedikit. Untuk tiket Australian Open saja, untuk masuk ke Tennis Parknya aja mesti bayar sekitar 40 dolar. Untuk menonton pertandingan tenis di tempat utama, seperti Rod Laver Arena, tiket berkisar 80 sampai 400 dolar per pertandingan. Jumlah yang cukup besar untuk menonton petenis idola. Jadi walau pertandingannya dekat rumah, cukup menonton dari tv aja deh.

Nah,awal Januari 2010, setelah bertepatan dengan bencana gempa bumi di Haiti, petenis-petenis ternama seperti Roger Federer, Rafael Nadal, dan Kim Clijster berinisiatif mengadakan pertandingan tenis untuk charity. Namanya “Hit for Haiti”, yang diselenggarakan sebelum Australian Open dimulai. Tiketnya 10 dolar. Wah, setelah melihat iklan di TV tentang Hit for Haiti itu, kami langsung menghubungi teman-teman. Teman-teman juga tertarik.  Hari berikutnya, pagi-pagi sekali kami datang ke tempat beli tiket, 20 dolar per keluarga cukup lah (anak saya masih kecil, jadi ngga diitung). Saat acara akan dimulai pukul 4 sore, dari jam 2 siang, orang-orang sudah mengantri masuk. Semboyan Australia Open itu “when the world comes to play”. Memang rasanya seperti itu. Di tempat antrian tiket dipajang pemenang Australian sejak tahun 1980an sampai saat ini. Keren rasanya.

Loket Tiket

Akhirnya pintu masuk dibuka dan kami bersama penonton-penonton yang lain masuk ke Rod Laver Arena, stadion utama. Dan tak lama kemudian, acara dimulai dan datanglah para pemain tenis kelas dunia. Semua penonton berteriak histeris, saya pun juga begitu hehehe…. Mulai dari Federer, Nadal, Andy Roddick, Serena Williams, dan tak lupa petenis Australia seperti Sam Stosur dan Leyton Hewitt.

Federer dan Hewitt

Pertandingan tenisnya ternyata hanya main-main, ngga seperti pertandingan sebenarnya. Walau begitu kami tetap senang, kapan lagi bisa masuk ke stadion bersejarah dan melihat langsung pemain tenis dunia. Mereka main tenis sambil menghibur penonton. Masing-masing petenis dilengkapi dengan mic, jadi semua komentarnya langsung kedengeran penonton. Tapi tak lupa tetep ada duel rally pemain seperto Federer dan Nadal. Setelah 2 set permainan, sekitar 1 jam, acara ditutup dengan penyerahan bantuan berupa kumpulan uang hasil penjualan tiket dan juga sumbangan dari petenis-petenis itu.

Poster Pemenang & Calon Pemenang Masa Depan😀

Sungguh pengalaman yang menyenangkan dan tentunya, murah meriah. Semoga di kesempatan yang akan datang, kami juga bisa menonton olahraga dunia lainnya, seperti MotoGP dan F1.

One thought on “Nonton Australia Open Tennis Championship

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s