Perayaan Deepawali di India

Ditulis oleh : Relda Verma

Mungkin sebagian besar orang Indonesia tidak begitu merayakan besar-besaran perayaan Deepawali ini. Seingat saya sih hari besar penganut agama Hindu di Indonesia dikenal dengan hari Nyepi, hari Galungan dan hari Kuningan.

Holi Festival (source : http://www.boston.com)

Saya pun tidak paham mengapa hari besar umat Hindu di Indonesia berbeda dengan hari besar umat Hindu di negara lain. Seperti misalnya di India mereka merayakan Holi dikenal dengan festival of Color dimana mereka saling melemparkan warna ke sesama umat yang merayakan. Perayaan Holi ini pun tidak kita temui di Indonesia.

Uniknya di India pun hari besar umat Hindu di setiap propinsi berbeda. Misalnya di India bagian Utara ,antara lain  New Delhi, Mumbai, Lucknow dsb, mereka merayakan Deepawali besar-besaran tetapi tidak dibagian Selatan. Di India bagian Selatan seperti tempat tinggal saya sekarang, Bangalore, hanya merayakan Deepawali sekedarnya saja.

Deepawali dikenal juga dengan festival of light. Dirayakan sekitar bulan Oktober atau November dengan tanggal yang tidak sama setiap tahunnya.  Menurut sejarahnya festival ini dirayakan untuk menyambut kedatangan Rama setelah 14 tahun dalam pembuangan.

Dalam penyambutan ini umat Hindu waktu itu menyalakan diyas di setiap rumahnya. Diyas adalah lampu kecil yang terbuat dari tanah liat dan diisi dengan minyak.  Oleh sebab itu sampai sekarang tradisi itu dimeriahkan dengan penyalaan diyas di setiap rumah.  Selain itu juga deepawali ini dirayakan untuk mengundang dewa Laksmi ke setiap rumah mereka untuk memberi berkat. Diyas tersebut akan dibiarkan menyala sampai pagi hari.  Bentuk diyas seperti yang terlihat dalam foto waktu suami masih merayakan deepawali dirumah kami.

Sepanjang malam deepawali ini mereka akan merayakan dengan bermain kembang api dan berbagai jenis petasan lainnya seperti roket dan sebagainya. Jadi jangan harap bisa tertidur pulas karena bunyi petasan tidak akan berhenti sampai pagi. Kalau di Indonesia kan dilarang bermain petasan karena berbahaya kalau disini justru mereka harus. Jangan heran sebelum hari deepawali ini tiba akan banyak warung kaget yang menjual segala jenis petasan ini dipinggir jalan.

Tidak hanya itu bila tiba saatnya deepawali mereka akan menghias rumah-rumah mereka seperti halnya kita merayakan hari lebaran atau Natal. Dimana mereka akan menghias rumah, gedung perkantoran dan mall dengan lampu-lampu yang meriah. Diskon di mall-mall pun bertaburan di hari deepawali ini, jadi  jika ingin shopping sebanyak-banyaknya tunggulah hari ini karena hampir semua barang akan diberi diskon…

Puji Tuhan mulai tahun ini suami tidak lagi merayakan deepawali karena dia memutuskan untuk merayakan Natal saja. Kami hanya ikut bermain petasan bersama tetangga-tetangga yang merayakan seperti yang terlihat dalam foto-foto dalam postingan ini🙂.

2 thoughts on “Perayaan Deepawali di India

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s