Belanja Souvenir di Sydney Paddy’s Market

Pernah mendengar nama “Sydney Paddy’s Market”? Ya, itu adalah nama suatu tempat di kota Sydney yang sangat popular sebagai tempat untuk mendapatkan souvenir2 khas negeri Kangguru.

Ada dua Paddy’s Market di Sydney. Yang pertama “Paddy’s Market City” yang berada persis di tengah kota, tepatnya di Market City yang lokasinya bersebelahan dengan China Town dan Darling Harbour; dan yang satunya lagi “Paddys Flemington” yang berlokasi di suburb Flemington yang kira2 berjarak 15 kilometer dari pusat kota Sydney. Paddy’s Flemington adalah pasar tradisional terbesar di Sydney, dan lebih murah pula harga barang2nya dibandingkan dengan Paddy’s Market City. Hanya saja, untuk turis yang berkunjung ke Sydney, yang tentunya punya waktu berkunjung terbatas dengan agenda jalan2 yang tak terbatas, berbelanja di Paddy’s Market City jauh lebih direkomendasikan dibanding dengan Paddy’s Flemington. Mau tahu kenapa? Satu, faktor lokasi. Paddy’s Market City lokasinya persis di pusat kota Sydney. Sehingga belanja souvenir bisa sekalian jalan2 atau menikmati makan malam di berbagai restoran di sekitarnya. Kedua, kepraktisan. Paddy’s Market City lokasinya ada di pusat kota, sehingga transportasi ke sana dengan public transport sangatlah mudah. Semua jalur kereta melewati Central station, yang merupakan stasiun kereta terdekat ke Market City dan schedulenya selalu ada setiap saat. Ketiga, ukuran pasarnya yang tak terlalu luas seperti Paddy’s Flemington, tentunya akan sangat pas untuk turis2 berbelanja souvenir di sini. *Saya saja masih suka lost kalau belanja di Paddy’s Flemington*. Dan yang terakhir, untuk souvenir, perbedaan harga tak terlalu signifikan sebenarnya, kecuali kalau mau membeli dalam jumlah yang sangat besar (misal: ratusan atau ribuan pieces), baru deh akan berasa lebih murah kalau beli di Paddy’s Flemington.

Lalu, apa saja yang bisa kita beli di Paddy’s Market ini? Yang pasti berbagai macam souvenir khas negeri Kangguru, dari yang kecil2 hingga yang besar2 dan antik ada di sini. Sebut saja, dari sekedar gantungan kunci hingga perhiasan Opal, atau dari buah2an hingga makanan olahan khas negeri Kangguru ada. Trus barang2 karya seni Abrogin juga ada di sini. Pokoknya, untuk oleh2, semua serba ada deh di sini. Lengkap. Tinggal disiapkan duit dan tenaga yang banyak saja. :p

1. Souvenir khas Australia
Beberapa contoh yang bisa ditemui: berbagai macam gantungan kunci, pulpen, dompet2, pajangan2 kaca dan kristal, tas, kotak pensil anak2, boneka2, mainan anak2, baju2, jaket, topi Australia, dan berbagai macam pernak-pernik khas Australia lainnya. Bahkan perhiasan batu Opal pun juga bisa dibeli di sini. Ini contoh tokonya:


Paddy’s Market Souvenir Shop by floridagirlinsydney.com


Australia Opal by metrotransport.com.au

2. Makanan dan buah2an
Di Paddy’s Market sendiri, ada section yang khusus menjual buah2an dan makanan olahan khas Australia. Untuk makanan, salah satu alternatif yang menjadi oleh2 wajib saya ketika pulang kampung adalah cemilan olahan “Macadamia Nut”, yaitu kacang super enak produknya Australia. Olahan kacang macadamia ini tersedia dalam berbagai rasa, misalnya: macadamia coklat, macadamia wasaby, macadamia honey, macadamia salt, dllnya. Di antara berbagai macam rasa, macadamia coklat, honey, dan salt adalah favoritnya keluarga kami. O ya, harga kacang ini agak mahal, kira2 $35 per kilonya. Dan karena ukuran kacangnya yang besar, maka untuk ukuran sekilo, biasanya tidak terlalu banyak jumlahnya. Namun setelah dicoba, harga segitu sebandinglah dengan rasanya yang memang enak. Dan bisa jadi malah ketagihanšŸ˜€


Salt Macadamia by maukamorning.com

Kalau pasar buah2an di Paddy’s Market, sebenarnya lebih ditujukan untuk konsumen2 lokal. Kenapa? Karena buah2an dan sayur2an di sini disupply langsung oleh petani, sehingga relatif lebih murah harganya dibanding toko2 buah dan sayuran di tempat lain. Namun, tidak jarang juga wisatawan yang berkunjung ke Sydney ingin membawa beraneka-ragam buah2an khas Australia yang tentunya “langsung dibawa dari Australia”. Kiwi, cherry, seedless grape, peach, dan nectar adalah beberapa contoh buah2an yang bisa dibawa untuk buah tangan.


Cherry by theage.com.au

3. Barang2 Seni
Buat yang menyukai art, berbagai hasil karya seni khas Aboriginal (suku pedalaman/penduduk asli Australia) bisa dimasukkan ke dalam daftar barang2 seni yang mesti dikoleksi. Nah, di Sydney Paddy’s Market ini, kita bisa mendapatkan berbagai macam barang karya seni Aborigin ini, misalnya: lukisan khas Aborigin, DVD musik, alat musik, beraneka patung dan ukiran2 khas aborigin, dsbnya.


Aboriginal Art by boomerangshack.com

Jadi, kalau datang ke Sydney, nggak perlu pusing2 lagi mencari oleh2 untuk keluarga tercinta. Tinggal mampir ke Sydney Paddy’s Market, tinggal pilih deh tuh buah tangan khas Australia yang disuka. Dan FYI juga, Paddy’s Market hanya buka pada hari Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. So, happy shopping guys!

Cheers,
Dewi

7 thoughts on “Belanja Souvenir di Sydney Paddy’s Market

    • Aamiin mbak. Kali2 kita bisa kopi darat ya? Saya juga pengen liat Taj Mahal. Moga2 suatu hari juga kesampaianšŸ™‚ Sekarang, titip salam aja dulu lewat mbak ReldašŸ˜‰

  1. Pingback: Sedikit info seputar berburu souvenir di Paddy’s Market | .ndutyke.

    • Betul. Dan hampir semua oleh2 yg dijual (kecuali yang versi mahal & eksklusifnya) adalah made in ChinašŸ˜‰ *Jadi ingat beli pajangan Sydney Opera House tapi di belakangnya ada tulisan ‘Made in China'”

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s