Aneka Masakan Asia di Chinatown London

Ditulis oleh : Rizka Maydita

Sekitar 6 tahun lalu waktu pertama kali ke London, teman serumah saya mengajak untuk berbelanja bumbu-bumbu Indonesia di Chinatown. Sejak saat saya itu jadi tahu, kalau mau beli sambal, kecap, bumbu instan dan beraneka Indomie di London itu tempatnya di Chinatown, seperti di supermarket New Loon Moon, Loon Fung, dan See Woo.

Tapi Chinatown sebenarnya bukan cuma tempat untuk belanja bumbu dapur. Disini juga banyak restoran dari belahan Asia yang asyik dikunjungi. Jadi kalau sedang jalan-jalan di London dan kangen masakan dari Cina, Jepang, Korea, Vietnam, Malaysia, India atau Indonesia, paling gampang langsung saja menuju ke Chinatown.

Seperti Restoran Vietnamese di Wardour Street yang terkenal dengan mie khas Vietnamnya yang bernama Pho. Masakan ini disajikan hangat dengan sup bening, ditambah irisan daging sapi atau ayam, tauge, kemangi, jeruk nipis, serta daun mint. Harga satu porsinya sekitar 7 Pound atau 95 ribu rupiah.

Sementara kalau mau makan sepuasnya sampai kenyang, ada juga buffet masakan Cina murah meriah dengan harga 4.95 Pound atau sekitar 70 ribu. Seperti di tempat Mr. Wu yang juga terletak di Wardour Street dengan menu seputar mie dan nasi goreng, serta lauk seperti ayam bumbu lada, udang goreng, sate ayam, dan lumpia goreng. Tapi karena murah tadi, menurut saya ya rasanya biasa-biasa saja jadinya.

Nah, kalau mau makan enak di tempat yang nyaman, bisa ke Malaysia Kopi Tiam yang terletak di Charing Cross Road. Restoran ini menyajikan masakan Malaysia dan Thailand dengan harga sekitar 6.50 Pound atau 90 ribu untuk semangkuk Laksa. Kalau kangen dengan rendang, kari udang, atau Tom Yum dan Green Curry, juga bisa langsung kesini.

Chinatown

Sekilas tentang Chinatown, awalnya di tahun 50-an, banyak tentara Inggris yang kembali ke London setelah menuntaskan tugas militer mereka di Asia. Setelah bertahun-tahun tinggal di kawasan Asia, banyak dari prajurit ini yang kangen dengan masakan khas timur jauh.

Beberapa restoran Cina di kawasan Gerrard Street London menjadi terkenal karena banyak dicari tentara Inggris yang pulang kampung tadi. Hingga di akhir tahun 1960-an, tempat ini berkembang menjadi Chinatown, atau pusat masyarakat Cina di London dengan berbagai restoran dan supermarket yang menyediakan bumbu-bumbu dari berbagai negara di Asia seperti Cina, Korea, Jepang, Thailand, dan Indonesia.

Daerah ini terletak di pusat kota London. Menuju kesana bisa dengan underground dan berhenti di stasiun Leicester Square, lalu tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit menuju ke Chinatown. Asyiknya lagi, selain tempat makan, disini juga ada tempat pijat dan potong rambut. Jadi sambil belanja bumbu dapur, bisa sekalian mampir ke salon gitu…

Selain itu disini juga banyak toko suvenir khas London.  Sambil cuci mata, sambil menikmati hiasan di jalan-jalan Chinatown yang banyak dihiasi lampion gantung, tempat ini asyik juga untuk dikunjungi saat tengah wisata ke London, terutama karena letaknya yang disebelah Leicester Square tadi.

Leicester Square sendiri adalah pusat bioskop di London yang tidak pernah sepi dari keramaian. Bioskop Odeon Leicester Square hingga saat ini juga sering menjadi tempat pemutaran perdana film-film dunia di London. Kalau mau nonton film disana, harganya mulai dari 8.30 Pound atau sekitar 115 ribu rupiah. Jadi ceritanya setelah berburu bumbu dapur dan makanan Asia, bisa dilanjut pijat atau ke salon di Chinatown, terus sekalian nonton bioskop deh. Ayo siapa yang berminat?

4 thoughts on “Aneka Masakan Asia di Chinatown London

    • eh yang bener mba Linda? waaaaahhhh, di sharafeeyah ya? saya di mushrefah mba🙂. Ini ke London nya jalan-jalan ya? atau mau menetap disana nanti? Disini seringnya kumpul2 ama geng mana nih mba? hehehehehe…. arisan ceria? ibu2 indomie? hihihihi, saking rame nya geng ibu-ibu disini😛

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s