Haraj, Flea Market ala Saudi

Kontributor : Jihan Davincka

Dulu gw udah pernah sharing tentang tempat beli-beli printilan rumah tangga macam : peralatan dapur (piring, gelas, dkk), taplak, seprei, mainan-mainan anak yang murmer. Ceritanya ada disini.

Nah, kalau untuk perabotan rumah tangga yang gede-gede kayak sofa, lemari, meja-mejaan gitu kemana dong? ya ke IKEA dooongggg😛. Senengnya kalo ke IKEA ini karena modelnya rata-rata minimalis dan lucu-lucu gitu. Harganya menurut gw gag terlalu mahal, dibandingkan dengan harga-harga furnitur di toko-toko lokal arab. Lagian yang di toko lokal arab ini model furnitur nya rame banget. Sofa udahlah warna merah menyala dipadu dengan warna emas. Masih pula di ditambahin aksen permata dimana-mana. Maleeeessss😛.

Tapi ada alternatif pilihan lain yang lebih murah. Belanja aja di Haraj ^_^. Haraj ini semacam tempat untuk membeli barang-barang bekas. Tapi disini barang baru pun ada yang diperjualbelikan. Takutnya yah, mereka jual barang bekas ngakunya baru, mending sekalian kalo ke Haraj niatin beli barang bekas aja.

Haraj, a place for used-stuff sale (www.flickr.com by Rowen Rivera)

Jual apa aja sih di Haraj? Macem-macem. Lemari dah pasti ada. Dipan / tempat tidur (ada yang tanpa kasur ada yang sekalian ama kasurnya). Kompor pun juga banyak. Kompor standar disini kan yang gede yang pake oven sekalian itu, tapi kompor model 2 tungku biasa itu juga ada. Berbagai sofa segala warna ada disini. Tapi yah rata-rata model-model ala orang arab gitu sih ya, jadi sofa mending ke IKEA deh. Meja makan pun juga berhamburan dimana-mana. Sampe karpet pun banyak bergelantungan minta dibeli😛. Baju-baju dan segala tetek bengeknya juga ada.

Barang-barang elektronik juga lengkap. Vacuum cleaner, televisi (baik yang model CRT tempo dulu ato yang LCD juga ada), kulkas segala ukuran, lampu-lampu, komputer/notebook dkk, oven listrik, AC, komplit lah.

Perlengkapan bayi juga banyak rupanya disini. Mainan anak banyak. Stroller banyak, baby box juga ada, sampe lemari-lemari baju bayi yang lucu-lucu juga ada. Baju bayi bekas? hahahahaha…. sini,sini gw kasih tau tempat belanja perlengkapan bayi yang murah-murah tapi gag bekas😀. Ada di toko yang namanya Ex-Ina. Ex-Ina ini banyak kog cabangnya di Jeddah. Salah satunya di Sitten Street, sebelahan ama Red Tag. Yah, model-model nya banyak yang nyontek Mothercare hihihihi, tapi percayalah harganya asssoooyyyy😛.

Kondisinya macam-macam. Rata-rata sih yang lemari satu set ama meja rias mending beli di Haraj. Modelnya bagus-bagus kog dan udah dicat ulang. Paling ada sedikit goresan ato rusak dikiiiiiittt, tapi masih bisa dipake. AC juga karena perlu banyak, mending beli aja di Haraj. Gw di apartemen pake 3 AC, 2 diantaranya keluaran Haraj😛.  Sebagai perbandingan harga, di IKEA harga lemari + meja rias mungkin rata-ratanya sekitar 2000 sr kali yah. Kalo di Haraj? 400 sr juga udah dapet yang lumayan😉.

Jual beli disini pake sistem tawar menawar. Tapi biasanya gag akan berlangsung alot. Karena penjual sini ya kalo harga cocok ayoo, kalo gag cocok mereka ya diem aja, jangan harap bakal dibujuk-bujuk hehehehehe…

http://www.flickr.com (by Rowen Rivera)

Tempatnya sendiri untuk yang Haraj Jeddah, letaknya gw gag tau pasti sih hehehe … pokoknya dari Balad luruusss aja. Tapi kalo nanya-nanya pasti banyak yang tau lah.

Haraj Jeddah berupa kios-kios yang membentuk koridor yang panjang. Di tiap koridor ada 2 sisi, dan jalanan di tengahnya juga luas, jadi kita bebas berkeliaran disini pake mobil. Pengaturan barangnya ada yang disusun rapi dan dibungkus pake plastik. Tapi banyak juga yang dibiarkan berserakan kaya foto di atas, duh, dah kayak tumpukan sampah😦.

Kalo diliat-liat tempatnya agak-agak mirip sama Gedebage Bandung tempo dulu hehehehe, ato mirip pasar Senen yang jual baju-baju bekas itu loh (husss baju bekas, barang-barang vintage maksudnya :P). Tapi Haraj Jeddah lebih luas, tempatnya terbuka, dan kios-kiosnya lebih rapi.

Lantas, kalo dah beli bawa pulangnya gimana? Nah di Haraj ini udah satu paket antara penjual dan tukang angkut barangnya. Udah banyak delivery services yang nongkrong di depan kios-kios. Kalo udah deal ama penjual, kita tinggal deal lagi ama si tukang antar barang ini. Nanti dianterinnya kita bisa konvoi ama si mobil barang (kalo kita bawa mobil) atau kita ikutan deh di mobilnya si bapak pengantar barang ini.

Selain furnitur rumah tangga, Haraj mobil bekas juga ada loh. Tempatnya nun jauh dimana gitu. Tapi kalo mau beli mobil bekas, mending langsung ke used-car-center dari merk mobil yang diincer. Brand-brand ternama macam Honda dan Toyota membuka cabang used-car-center di berbagai tempat di dalam kota Jeddah, ndak mesti jauh-jauh keluar kota.

Aduh, serasa membanting harga diri banget yah belanja di Haraj. Engga kog, belanja di Haraj udah umum buat kalangan pendatang di Saudi🙂. Tapi bijak-bijak aja dalam membeli, karena namanya barang bekas gag ada garansinya (terutama barang-barang elektronik).

Dan jangan kikir-kikir amat lah, belilah satu-dua buah furnitur di IKEA, sekedar buat pencitraan, buat dipamer-pamerin kalo rumah kita dapet giliran jadi tuan rumah pas acara ngaji ibu-ibu hehehehehehehe …. 1 sofa mungil pun tak mengapa *ngikik*.

3 thoughts on “Haraj, Flea Market ala Saudi

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s