Jenis Transportasi Umum di India

Ditulis oleh : Relda Verma

Topik satu ini sepertinya tidak boleh dilewatkan untuk menambah wawasan tentang India. Karena hanya pernah tinggal di New Delhi dan sekarang tinggal di Bangalore jadi sharing soal transportasi di dua kota ini dulu ya. Kebetulan sih, mirip-mirip aja transportasi umum di New Delhi dan Bangalore.

Ada apa aja jenisnya?

Bus: Bus bentuknya hampir sama dengan Indonesia, kalau di Jakarta kita punya  Patas AC, Patas Biasa dan Metromini. Nah disini juga ada 3 macam  yaitu Bus AC, Non AC, dan Bus Biasa (maaf namanya gak tau tapi ini adalah bus termurah karena bentuknya sangat kuno dan penumpangnya berdesak-desakan, saking murahnya jadi pilihan utama untuk penduduk India yang didominasi kalangan menengah ke bawah).

Source (www.delhi.gov.in dan http://www.bmctinfo.com)

Taxi : Di kedua kota ini taxi bukanlah pilihan favorit para penumpang sehingga jumlahnya pun sangat sedikit. Di Jakarta taxi seperti kacang goreng tinggal stop di pinggir jalan jika mau. Disini taxi umumnya harus order per telpon dulu baru datang.

Auto: Nah jumlah auto disini kayaknya sama dengan jumlah taxi di Jakarta, mau cepat sampai tinggal stop Auto saja, dan Auto disini pakai argo juga lho. Tarifnya lebih murah daripada taxi dan lebih mahal dari bus. Mungkin inilah alasannya mengapa Auto menjadi pilihan favorit masyarakat India.

Metro: Sudah beroperasi di New Delhi sejak tahun 2006 dan sudah mencakup segala penjuru di kota New Delhi. Jadi bila ingin yang cepat, nyaman, dan murah, naik metro pastinya, yyyiiiuuukkkk😉.

New Delhi - Metro

Kalau Metro di kota Bangalore baru diresmikan tahun ini, dan sampai sekarang pun saya belum mencoba naik metro disini karena hanya beroperasi di pusat kota saja. Pembangunan metro disini masih berjalan untuk berbagai jurusan di Bangalore, jadi kebayang ya Bangalore 2 tahun kedepan sudah lengkap dengan metronya juga.

Bangalore - Metro

Delman: Terakhir meninggalkan New Delhi di tahun 2007 masih ada delman untuk jarak dekat, gak yakin sekarang masih ada atau gak.

Nah dijakarta enaknya untuk dalam kompleks ada angkot dan mau yang lebih cepat lagi tinggal naik ojek aja. Disini agak susah untuk bepergian jarak dekat karena tidak adanya sistem angkot atau ojek. Jadi mau gak mau disini setiap orang harus punya kendaraan sendiri minimal motor lah, syukur-syukur punya mobil😀.

7 thoughts on “Jenis Transportasi Umum di India

  1. Salaam

    Masih inget dengan saya siti ? maaf bisa minta no contact nya mba Relda di India atau alamat email atau YM ?
    Penting !!! makasih🙂
    ada yg mau saya tanyakan

  2. TERIMAKASI INFONYA……MBA RELDA,
    KALO NEW DELHI – COLCATA ATO SEBALIKNYA NAIK APA YA……DAN BRP WAKTU,
    KALO JADI KE INDIA…..SAYA PENGIN JALAN KE COLCATA JUGA.
    TQ MBA.
    04.04.13
    MADE (BALI)

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s