Melahirkan di Jeddah

Kontributor : Jihan Davincka

Pita udah pernah cerita tentang pengalaman melahirkannya di Belanda. Juga Afifi pernah sharing info tentang melahirkan di Bergen. Sekarang yang di Jeddah angkat suara😛.

Anak pertama gw lahirnya di Jakarta, yang kedua ini yang proses hamil sampai melahirkannya ber-TKP di Jeddah, termasuk proses produksinya hehhehehe… Makanya karena udah pernah ngerasain lahiran di Jakarta, mungkin postingan ini akan bernada perbandingan.

Overall sih prosesnya bisa dibilang mirip. Di Jeddah ini sejak kontrol pertama, beberapa hari abis euforia karena ngeliat 2 garis di testpack, ibu hamil langsung di USG. Jadi tiap dateng pasti USG😉.Yang beda, mesin USG di rumah sakit tempat gw kontrol jauhhh lebih cupu dibanding dokter kandungan gw yang pertama di Jakarta. Ada sih gw di – USG di laboratorium pake yang canggihan dikit, tapi cuma 2x, di usia kehamilan 3 bulan dan memasuki trimester ke-3.

Oiya, ngebut aja nih gw. Terangin asuransi kesehatan dulu deh. Nothing special di Jeddah, sama kayak Jakarta lah. Tapi ikut asuransi sangat disarankan di Saudi ini, kalo gag pake asuransi, mahal booo…  Kontrol ke dokter spesialis rata-rata 150 – 200 sr per kedatangan. Biaya tes ini itu jauh lebih mahal dibanding di Jakarta. Obat dan vitamin pun harganya kurang bersahabat lah. Itu pun gw pake nya rumah sakit yang menengah ya itungannya. Rumah sakit langganan gw sekeluarga, RS Bugshan di Tahlia Street. Makanya asuransi yuuukkkk😛.

Bugshan Hospital Jeddah (www.panoramio.com) … Ini nih tempat lahirnya si kecil :D…

Sebagian besar dokter di Saudi didominasi oleh dokter berkebangsaan Mesir. Tapi beberapa teman disini bilang dokter-dokter Arab agak-agak belagu dan gimana gituuuu… jadi gw milih dokter kandungan asal Pakistan hehehehehe… Dan alhamdulillah, si Dokter Najeema Anjum ini emang top lah. Selalu menerangkan dengan ramah dan gak buru-buru biarpun pasiennya segambreng.

Alhamdulillah, gag ada yang aneh-aneh, jadi rasanya lancar-lancar aja sampai proses melahirkan.

Abis lahiran di ruang bersalin (anak kedua ini dateng ke rumah sakit jam 8, jam 10 udah nongol :P), digiring ke kamar inap / perawatan. Dulu sempet denger katanya di Arab ini, suster-susternya tega gitu. Eh, ternyata engga kog. Abis lahiran, tetep diladenin, digantiin baju, dipasangin pembalut, dan dianter pake kursi roda ke kamar🙂. Cuma emang suster-susternya biarpun ramah, gag terlalu helpful kayak di Indonesia😛. Jadi entah apaan tuh di tangan gw ada infus, pas mau pipis, mereka cuma bukain doang, gw disuru jalan sendiri ke kamar mandi. Ya tapi gag papa juga sih hehehehehe…

Yang agak beda ama lahiran anak pertama, disini suami gag boleh nungguin pas kita lahiran. Jadi dikasih tirai gitu, suami gag boleh liat langsung, which is gag ngaruh sih kalo di gw, emang sebaiknya dia jauh-jauh demi keselamatannya sendiri hahahahahahaha…  Terus, gag pake Early Latch On (inisiasi menyusui dini). Tapi untungnya segenap staf sangat mendukung ASI disini🙂.

Enaknya lagi, disini kalo masuk rumah sakit, segala baju dan printilan lainnya udah disediain di rumah sakit. Jadi pulang tinggal nenteng tas kosong, gag ada baju kotor yang bikin pusing kepala. Lahiran pertama dulu di rumah sakit, kudu bawa baju sendiri, sarung, dan segala macam. Kan lumayan yah kalo udah disediain rumah sakit, ngurangin kerjaan pas pulang ke rumah.

Yang agak shock, adalah waktu kita dikasi tau kalo untuk lahiran normal spontan (tanpa bantuan apapun, tanpa epidural, tanpa vakum, dll), asuransi hanya menanggung biaya rawat inap selama 1×24 jam! Maaaakkk, padahal mau sante-sante dulu di rumah sakit, mana lahiran di luar negeri gag ada siapa-siapa, anak sulung pun dititipin di tetangga doang. Tadinya suami nawarin nambah sehari, tapi ngeliat tagihannya ogah bangettttt, emang nih fasilitas kesehatan di Saudi kalo gag pake asuransi, bikin pingsan deh harganya huhuhuhu…

Jadilah 24 jam setelah bertarung di kamar bersalin, gw udah pulang lagi ke rumah memulai sesi pertarungan selanjutnya😀.

Dan sekarang si bayi yang dimaksud udah segede ini nihhhh …

12 thoughts on “Melahirkan di Jeddah

  1. HIhihihi, gag sampe lapor RT sih, cuma rogoh kocek ampe sobek aja hahahahahaha…. Iya sih, setelah ngalamin, emang gag horor-horor banget, kalo lahiran normal memang hanya butuh pemulihan sehari deh kayaknya. Kalo dipaksa untuk beraktifitas kayak biasa, ternyata memang bisa-bisa aja tuh😉.

  2. jihaaaannn…sy baru baca ini blogmu. hehehe…*kemane aje..* kereeen…!!! dan baru ngeh juga, kalo kamu lahiran disana. skali lagi *kemane aje..*, begini nasib kalo liat fb hanya pake bb😀. slamat say…..de..1 hariji diRS, lahiran di negri org byk cerita serunya dii..

  3. Haha… sama mbak Jihan, yg lahiran normal d sini juga harus cao dr RS hari itu juga hehe…tapi nti di rumah ada nurse yang datang sih selama beberapa hari untuk bantuin kita macem2. Kalo disana ga ada ya mbak?

    • Gag ada yg bantuin lagi kalo udah di rumah huhuhu… tapi dsini bisa pake asisten rumah tangga sih untungnya😉. Kalo engga juga, kabur deh ke Jakarta, soalnya pas lahiran anak kedua, anak pertama belom mandiri, segala2nya masih diladenin hehehehehe…

  4. sama mba saya jg dulu lahiran ank pertama di jeddah tpdi dr.solaiman fakkeh trus anak ke 2 di riyadh sekarang,,,,tp seru kan lahiran ga ada keluarga??hehehe..salam kenal ya =)

    • Wah, kemarin ari-arinya langsung dibawa ama susternya😦.Gak tau deh diapain hehehe. Kalo tali pusatnya sih dikasi ke kita, kok😉.

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s