Urusan Mobil di Negeri Sakura

Ditulis oleh : Amia ersanti

Enaknya jadi pelajar itu walaupun duitnya ngepas yeee, kagak ada tuh pajak-pajakan, kagak ada tuh pensiun-pensiunan, kagak ada tuh asuransi yang mahal-mahal. Biar kata gw yang kerja, kalo pinter ngatur jadi tetep gak kena pajak.

Senengnya pas tahun kapan tuh dapet BLT. Sampe kata suami gw, kalo aja tuh BLT tiap bulan, kita pilih aja Aso yang jadi presiden terus. Sekalian jadi Presiden Indonesia!:D. Dapet BLT sekali aja di kala itu girang bukan kepalang. Soalnya BLT-nya lumayan banyak dan pasti dapet. Gak pake ribet dan ampe ngantri-ngantri gag jelas macam di IndonesiašŸ˜›.

Tapiiiii…itu tadi. Di tahun yang sama, kita mesti bayar pajak mobil (Jidousha Zei) dan mesti bayar tanda laik jalannya (Shaken) yang abis berlakunya setelah 2 taun. kalo dijumlah-jumlah yaaa bisa deh ganti mobil *yang bekas dan rajin nongkrongin auction:P*…

Postingan kali ini mo curhat urusan mobil dan tetek bengeknya yang emang sedikit bikin bengek :D…

Mobil di sini emang harganya gak se-edan di Indonesia. Mobil baru gres di showroom kayaknya kalo di-kurs ke rupiah masi gak bikin mules. Nge-kurs doang lo yaaa, kalo beli yaaa jadi mules deh :p. Maksud gw tu gak sampe enam ratus jeti misalnya. Gila kan ngebayangin duit itu dibawa pake kresek berapa banyak kresek yang diperluin coba.

Ya walopun untuk jenis mobil mewah *Lexus, misalnya* ato mobil Eropa baru, emang mehi-mehi, tapi macam Alphard dah Harrier Hybrid yang baru aja kalo di-kurs gag sampe 400 jeti. Gak mahal kan bok? mo beli? beliin gw dongšŸ˜€.

Kalo perlu informasi lebih lengkap tentang urusan permobilan dan surat-suratnya silahkan klik link ini. Berlaku sama di setiap kota di Jepang.

Jadi walopun mobil emang murah di sini, tapi sepeda emang kagak ada duanya deh:D….Loh kok?

Iyaa, punya mobil tu bikin banyak pengeluaran di sini, belom ngebensinin-nya. Masa cuman buat pajangan aja gak dipake jalan-jalan :p. Asuransi tiap bulannya, pas musti bayar pajaknya, pas musti bayar shaken -nya, pas ada yang rusak dikit musti ke dealer -nya, bengkel lepasan jarang, kalopun ada harganya gag beda jauh ama dealer.

Kagak ada tuh ketok magic asli Blitar kalo nyerempet ato nyenggol tiang dikit *sempet kepikir buka usaha ini, huahauhauaaa*. Nyuci mobil kagak bole sembarangan, parkir sembarangan bayar denda 15 rebu yen. Bahkan tiap bulan itu harus bayar parkir langganan di tempat kta selalu markir. Mending di Saitama… paling mehi 10 rb Yen. Naaah kalo markirin mobil di Tokyo kagak punya rumah yang ada parkirannya, dapet salam aje lo dari 30 Rb yen sebulanšŸ˜€.

Makanya kadang biar ujan-badai-taifun sekalipun *lebayyy* kalo masi bisa pake sepeda, gw selalu bersepeda berdua Aksa tiap pagi nganter dia sekolah dan gw kerja. Soalnya males banget bayar parkirnya bok! Rata-rata di Saitama sini kalo pas jam sibuk 30 menit 100 yen. Nah kalo sehari gw kerja dari jam 9 ampe jam 3 sore, sayangggg kan, mending buat beli sayur *bener kan gw emang bukan temen lagi ama si Gober, tapi sodaran!*

Tadi pagi, ujan deress ampunn, Aksa udah gw bujuk-bujuk…

“Sa hari ini hujan lowh, jadi kamu bisa pake jas ujan thomas dan bawa payung!”

“Nda. mobiw….mobiw (minta naek mobil dia tu gag mau naek sepeda :p)!”

“Naek sepeda aja yaa Sa, biar kita kayak anak dan bunda kodok, ujan-ujanan beduaan (alasan aneh dalam membujuk jangan ditiru)….”

“Nda. mobiww mobiwww….!”

“Sepeda aja deh Sa, ntar sore kata ramalan cuaca bakal panas, nanti kita jajan deh ke Yaoko
( hiyaaaak si Bunda Gober mulai berhitung:D….buat parkir 1200 yen, buat jajanin Aksa paling beli calpis+maenan Thomas+senbei *keripik2* sekitar 600 yen)…”

Aksa mengangguk setuju dan senyum-senyum deket sepeda.

Tapi pas bersepeda tadi pagi itu, gw nyesellll banget terlalu Gober, begitu sampe parkiran sepeda di sekolah Aksa. Mukanya Aksa basah kena ujan, sepanjang jalan dia udah ngomong berkali-kali ke gw (“Ndaaa basah Ndaaaa…basah”)…

Maapin Bunda yaa Sa, besok-besok kalo hujannya deres bener, Bunda janji deh kita naek mobil dan tetep jajan ke Yaoko, tapiiiiii di Yaoko cuma bole beli calpis, titik! HahahašŸ˜›.

4 thoughts on “Urusan Mobil di Negeri Sakura

  1. Haha mbak Amia, ceritanya lucu…salam kenal ya mbak, saya PitašŸ™‚ Mirip d Belanda mbak, harga mobil ga gitu mahal, tapi perawatan dan parkirnya mahal bgt apalagi ngedapetin SIMnya juga susah. Kursus nyetir mobil harganya ribuan euro..:(

  2. bener mba kayaknya indonesia aja yg harga mobil mahal.. di Abu dhabi juga ga banget, klo dibanding indonesiašŸ˜€

    • Di Eropa mobil mahal juga, lho hehehehe. Di Timur Tengah mungkin karena rata-rata bebas pajak dan bensinnya murah kali, ya hihihihihišŸ˜€.

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s